Friday , October 30 2020
Home / Indeks Berita / Ada Peluang di Tengah Pandemi, Berbisnis di Tengah Ramadhan

Ada Peluang di Tengah Pandemi, Berbisnis di Tengah Ramadhan

Bagian IV – Berbisnis di Tengah Ramadhan

 

Sektor Bisnis Yang Masih Berpotensi
Penulis : Bambang iman Santoso. Neuronesia Community

KOLOM – Namun harus sampai dengan terjadinya transaksi (closing). Optimalisasi teknologi dalam hal pembayaran harus membantu kemudahan bukan sebaliknya. Selain credit card, debit card, paypal, sistem uang digital lainnya masih banyak. Untuk kemudahan alternatif pembayaran tunai juga disediakan. Untuk hubungan pelanggan yang panjang dan terjadi repeat order, feedback atau masukan konsumen menjadi penting. Otak manusia, dalam hal ini kita sebagai produsen, akan stress juga bilamana tidak memperoleh feedback.

Tapi stres juga terjadi manakala menerima komplain atau kritik yang tidak membangun. Otak akan happy bila menerima masukan, bukan hanya pujian, tapi juga kritikan yang membangun. Otomasi pemanfaatan teknologi juga harus dapat memudahkan adminitrasi, ketersediaan barang, logistik bahan pokok, dan stok pesediaan barang, dan efisiensi proses bisnis lainnya. Di tengah situasi kondisi pandemi, lebih banyak jumlah bisnis baru yang lahir dan bertumbuh dengan tipe lebih ke kuadran ‘self employment’, dibanding kuadran lainnya (karyawan, entreprenuer, dan investor).

BACA JUGA :   BRI Jalin Kerjasama Strategis Dengan Anak Perusahaan Pelindo III

Faktor ini disebabkan; 1) karena selain karyawan bekerja dari rumah memungkinkan kerja tanpa pengawasan, dan juga 2) menginspirasi mereka akan terbiasa bekerja dari rumah dan berpikrian memiliki bisnis sendiri, serta 3) banyak memang karyawan yang dirumahkan, baik yang ‘dipaksa’ untuk mengambil unpaid leave, maupun yang memang benar-benar di-PHK. Masih banyak peluang, serta tekniksnya yang bisa dibahas lebih lanjut. Sementara pada kesempatan penulisan saat ini terbatas hanya seperti yang diuraikan di atas. Faktanya, masih banyak peluang bisnis yang bisa kita bahas dan kita jajaki bersama.

Tambahan lainnya yang cukup penting, terutama bila kita mengambil alternatif bisnis di bidang ‘medical supply and services’ ini yang harus hati-hati. Bisnis yang barokah memikirkan juga segi kemanusiawiannya (social brain). Bisnis yang dimaksud misalkan; produksi, atau pengadaan maupun pemasok alat pelindung diri (APD) termasuk masker, hand sanitizer, detektor suhu tubuh, disinfectant spray dan disinfection chammber, dan lain sebagainya. Harus mau berbagi margin demi kemaslahatan orang banyak.

BACA JUGA :   Peduli Covid-19, Metland Menteng Bagikan Sembako Untuk Warga Sekitar

Bisnis sosial lainnya seperti membantu distribusi pembagian sembako bagi masyarakat yang memang benar-benar terganggu penghasilannya agar meraka dapat bertahan hidup. Terakhir, peluang bisnis selama bulan ramadhan tahun 1441H ini. Kenapa menarik? Karena tahun ini puasa pertama kali bagi kita semua dengan situasi kondisi yang sangat berbeda. Tidak ada sholat berjamaah di masjid, tidak ada acara-acara keagamaan yang berkumpul dan seterusnya. Nah ini juga menjadi peluang.

Misal membantu memudahkan pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah, infaq dan sedekah antar jemput. Berpuasa di rumah sepanjang bulan ramadhan merupakan kebiasaan dan gaya hidup yang baru. Membuka peluang-peluang baru untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan-keinginan yang baru pula. Tentunya banyak peluang bisnis atas permintaan layanan-layanan yang baru pula.

Semoga tulisan ini tidak hanya menyemangati, namun benar-benar bermanfaat untuk dapat dipraktikan. Selamat mencoba, selamat berikhtiar dan beristiqomah. Selamat menjalankan ibadah puasa, khususnya bagi yang merayakan. Serta untuk kita semua, semoga terlindungi, terhindari dan terbebaskan dari segala macam ancaman bencana pandemi virus ini. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, kesejahteraan dan kebahagian selalu. Amin (BIS)/Tamat.

Oleh: Bambang Iman Santoso, Neuronesia Community

Check Also

IKEA

Dalam Satu Tahun, IKEA Food Mampu Kurangi 31% Limbah Makanan

SEKITAR KITA – Permasalahan sampah makanan sudah menjadi isu global yang patut diperhatikan dalam beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link