Monday , September 28 2020
Home / Indeks Berita / Atasi Krisis Global, Pemimpin Negara-negara Di Dunia Harus Bersatu Padu

Atasi Krisis Global, Pemimpin Negara-negara Di Dunia Harus Bersatu Padu

OM SWASTI ASTU (Semoga Selalu Dalam Lindungan ISHWWasa).

OM AWIGNHAM ASTU NAMO SIDHAM. OM SIDHI RASTU TAD ASTU SVAHA (Oh Hyang Widhi Wasa Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Semoga tiada suatu halangan bagi hamba memulai pekerjaan ini. Semoga berhasil dengan baik).

Ida Bagus Kade Perdana

KOLOM – Wabah virus C19C yang melanda dunia merupakan musibah yang berpotensi  akan  mengantarkan ekonomi dunia periode yang paling buruk sejak krisis keuangan global ditahun 1997-1999. Menimbulkan  kekhawatiran banyak pihak akan terjadinya krisis ekonomi yang bertransformasi menjadi resesi. Bahkan bisa menjadikan dunia terperangkap dalam depresi besar cukup beralasan dan kemungkinan bisa saja terjadi kedepan. Namun adakah mujizat yang bisa mengubah musibah wabah penyakit C19C menjadi berkah dampak negatifnya dibidang ekonomi. Supaya dunia terhindar atau dapat meredam agar tidak terjadi resesi maupun depresi ekonomi yang berat.  Bisa dibalikan menjadi berkah bagi dunia sehingga tercipta ekonomi yang tumbuh kuat positif dan kondusif bisa menciptakan kesejahteraan dan perdamaian dunia secara berkelanjutan kedepan. Kenapa tidak asalkan para pemimpin dunia mau bersatu padu dengan mengedepankan konsep dharma, wira, wiweka dan wicaksana yang dikutip dari Teologi Hindu kasurat olih Ida Rsi Agung Yoga Sidhi Bang Pinatih, Griya Agung Padang Sambian.

Sudah hampir dua bulan penyebaran wabah penyakit virus Covid 19 Corona (C19C) yang bermula dari kota Wuhan China menyebar keseluruh penjuru dunia. Merupakan krisis penyakit yang paling menakutkan telah memakan banyak korban manusia. Menimbulkan dampak yang sangat luas dan komplek bersifat extraordinary mengancam sendi sendi kehidupan manusia diseantero dunia. Bencana ini merupakan krisis penyakit yang baru pertama  kali dirasakan pernah pernah kejadian yang melanda dunia. Bahkan ada negara yang mengambil langkah kebijakan locked down. Namun terbilang gagal sebagaimana yang dihadapi negara Italia membuat presidennya frustasi dan menyatakan menyerah menghadapi bencana musibah C19C. Serangan penyebaran wabah penyakit virus C19C ini tidak terelakkan telah menyebar mewabah kenegara kita. Krisis wabah penyakit virus C19C telah menjadi bencana dunia yang ektraordinary menciptakan dan memperparah keterpurukan dan semakin melemahnya perekonomian dunia. Dimana sebelumnya telah memanas akibat adanya perang dagang dan ancaman geopolitik dan sebagainya. Sehingga menghantui keberadaan perekonomian dunia menuju kearah resesi. Kondisi ini tentu akan bisa berubah menjadi semakin memburuk bila belum dikemukan obat penawar yang bisa menyembuhkan atau gagal mengatasi wabah penyakit virus C19C berubah menjadi pandemi. Sehingga ekonomi dunia terserang resesi  berlangsung lama maka tidak terhindarkan bisa memunculkan masalah ekonomi yang parah berupa depresi yang merupakan kebangkrutan ekonomi dunia. Namun bersyukur semoga tidak sampai menjadi pandemi C19C dan dilain pihak berbagai negara telah mengambil langkah kebijakan dalam upaya mencegah semakin memburuknya keadaan dan mengupayakan bisa kembali kesituasi normal bahkan musibah krisis penyakit ini bisa berbuah manis menjadi berkah untuk kehidupan umat manusia menjadi lebih menghargai dan mengapresiasi keberadaan alam lingkungan. Agar supaya manusia menjadi sadar bahwa alam bisa hidup tanpa manusia dan sudah pasti manusia tidak bisa hidup tanpa adanya alam lingkungan.

Bila keadaan ini membawa ekonomi kejurang kebangkrutan terkena depresi berat dampak dari wabah penyakit virus C19C. Dapat diselamatkan maka merupakan berkah tak ternilai akan muncul pahlawan dunia sepertinya J.M. Keynes seorang pakar ekonomi Inggris yang mendapatkan julukan Bapak Ekonomi Makro yang menyelsmatkan depresi besar ditahun 1929 – 1930 yang menyarankan pemerintah harus hadir dengan membentuk Bank Sentral sebagai yang bertugas dan bertanggung jawab mengatur pelaksanaan kebijakan moneter.

Penulis
Ida Bagus Kade Perdana
Wakil Ketua Umum Kadin Bali Bidang Fiskal dan Moneter
Badan Pertimbangan Golkar Bali.
Ketua BANI Bali Nusra
Pengamat Ekonomi, Bank, Bisnis, Moneter, Fiskal, Sosial Budaya dan Pariwisata.
Pembina UMKM
Mantan Pemimpin Bank Mandiri Jakarta Pusat.
Mantan Dirut Bank Sinar Jreeeng …(BM Taspen)
Mantan Dosen dan Dosen Pasca Sarjana Undiknas
Mantan Mahasiswa Semester Akhir Tingkat Doktoral Angkatan Pertama UNHI Bali.
Mantan Ketum Sorinji Kempo Perkemi Bali.

Check Also

Repower

Repower Serahkan Hadiah Program PASTI REAL Bernilai Miliaran Rupiah

PROPERTI – PT Repower Asia Indonesia Tbk, (REAL) membuktikan komitmen kepada para pemegang saham dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 173

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
cover majalah
close-link