Property & Bank

Berkah PPN TDP, Metland Bakal Bagi-Bagi Dividen

PPN

Propertynbank :  Kalangan pengembang properti di Indonesia, menyambut baik sektor properti Indonesia di tahun 2024 ini, terutama setelah pemilu 2024 selesai digelar.

Didukung kebijakan pemerintah melalui intensif berupa Pajak Pertambahan Nilai atas Rumah Tapak dan Satuan Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) yang berlaku hingga akhir 2024, memberikan dampak positif bagi industri properti ditanah air.

Pemberian insentif PPN DTP, juga dirasakan PT Metropolitan Land Tbk (Metland) yang menjadi salah satu faktor pendorong penjualan properti perseroan.

Hal ini diakui Anhar Sudradjat, Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk yang mengatakan, “Sejak awal program di November 2023 hingga April 2024 penjualan marketing yang berasal dari program PPN DTP mencapai sekitar Rp600 miliar atau 64%, naik dari periode sebelumnya,” jelasnya usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu (12/06/2024).

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), untuk melaporkan tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023 terungkap perseroan memperoleh laba bersih sebesar Rp418 miliar.

“Jumlah tersebut meningkat 5,64% dari periode yang sama tahun lalu. Tahun 2023 dapat dilalui dengan pertumbuhan laba yang ditopang oleh peningkatan pendapatan penjualan properti dan beberapa penjualan lahan komersial di proyek residensial,” jelas Anhar Sudradjat.

RUPST tersebut juga menyetujui sekitar 20% laba bersih atau sebesar Rp83,52 miliar, atau sebesar Rp10,91 per lembar saham untuk dibagikan sebagai dividen tunai kepada 7.655.126.330 pemegang saham sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Dana dialokasikan sebagai cadangan sebesar Rp2 miliar. Sedangkan sisanya dibukukan sebagai laba ditahan untuk menambah modal kerja Perseroan.

Kinerja Usaha 2023

Nilai aset Perseroan pada tahun 2023, bertumbuh sebesar 7,20%, yaitu mencapai Rp7.221 miliar dari tahun sebelumnya. Sedangkan peningkatan ekuitas Perseroan sebesar 8,29% menjadi Rp5.149 miliar di tahun 2023.

Total nilai pendapatan Perseroan sepanjang tahun 2023 adalah sebesar Rp1.705 miliar atau tumbuh 23,12% dibandingkan pendapatan tahun 2022 yang dibukukan Perseroan sebesar Rp1.385 miliar. Peningkatan pendapatan disebabkan oleh peningkatan penjualan properti sebesar Rp1.190 miliar naik 28,3% dibandingkan Rp928 miliar.

Semua proyek Perseroan turut memberikan kontribusi dengan besaran: 70% dari usaha penjualan properti residensial dan penjualan properti strata title, 30% dari pendapatan berulang yang terdiri dari sewa pusat perbelanjaan, pengoperasian hotel, pengoperasian pusat rekreasi dan pendapatan lain-lain.

Tahun 2024 MTLA menargetkan marketing sales yang terdiri dari pre sales dan recurring revenue sebesar Rp1,9 triliun. Hingga Mei 2024 Pendapatan perseroan versi marketing sales mencapai sebesar Rp700 miliar atau 37% dari target 2024.

“Pendapatan tersebut disumbang dari penjualan properti sebesar Rp474 miliar dan pendapatan berulang sebesar Rp226 miliar,” ujar Anhar Sudrajat.

Lebih jauh dijelaskan Anhar, hingga saat ini perseroan terus melakukan pengembangan pada unit residensial berjalan dan mulai memasarkan proyek residensial baru sebagai proyek pengganti beberapa proyek berjalan yang akan habis, seperti Metland Cikarang dengan lahan seluas 182 HA.

“Sejak dimulainya penjualan pada akhir tahun 2023 yang lalu, Metland Cikarang mendapatkan respon pasar sangat baik dari calon konsumen maupun masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, Perseroan juga melanjutkan pemasaran pada proyek residensial berjalan seperti, Metland Cyber Puri yang mulai memasarkan Cluster South Tresor dengan harga mulai Rp4 miliar hingga Rp8 miliar. Metland Puri memasarkan ruko yang cocok untuk usaha kuliner karena lokasinya didukung oleh komersial area Puri Juction yang sudah mulai beroperasi.

Sementara Metland Menteng yang memasarkan cluster Costaria, Metland Transyogi yang tengah mempersiapkan cluster terbaru dan akan diluncurkan pada September mendatang hingga Metland Cibitung yang meluncurkan cluster Barcelona Cove dan cluster Havana Breeze.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *