Thursday , August 6 2020
Home / Breaking News / Jalin Kerjasama, Sarinah dan Eureka Dorong Industri Kreatif Indonesia

Jalin Kerjasama, Sarinah dan Eureka Dorong Industri Kreatif Indonesia

potoPT. Sarinah (Persero) menggandeng PT Eureka Prima Jakarta Tbk (LCGP) untuk menunjang lebih berkembangnya industri kreatif di Indonesia. Sarinah dikenal sebagai pelopor bisnis ritel dan departemen store di Indonesia yang selama ini aktif mempromosikan sentra kerajinan handicraft, fashion, aksesories, lukisan, kaligrafi, produk kulit, batik, busana muslim, dan lain-lain.

Sementara, PT Eureka Prima Jakarta Tbk (LCGP)merupakan pengembang Eureka Township yang merupakan superblock terintegrasi seluas 21 hektar yang terletak di Bambu Apus, Jakarta Timur. Proyek yang terbagi dalam empat tahap ini, untuk tahap pertama, seluas 2,8 hektar diperkirakan menelan investasi sekitar Rp 3 triliun.

Kedua perusahaan tersebut bersepakat akan mengembangkan Eureka Creative Centre sebagai sentra kreatif anak muda terbesar di Indonesia, sesuai dengan keahlian masing-masing. LCGP membangun dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh PT Sarinah dan mitra usahanya untuk menggelar kegiatan promosi, penjualan, workshop dan sarana lainnya yang dibutuhkan perseroan. Sedangkan Sarinah menyiapkan produk, jaringan (network) dan sumberdaya yang dimiliki.

”Kami memilih bekerjasama dengan LCGP disamping bisnis adalah kecocokan idealisme. Pengembangan Eureka sangat cocok dengan visi Sarinah sebagai departemen store yang fokus dalam mendorong penetrasi pasar ritel, khususnya industri kecil dan menengahproduk kerajinan tangan Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Ira Puspadewi.

Dijelaskan Ira, konsep yang di usung Eureka adalah konsep anak muda. Memiliki konektivitas dengan budaya, meng-Indonesiakan anak muda. Match-nya disitu,. Jadi kami mengawinkan bagaimana kreativitas, legacy yang dimiliki Sarinah dan budaya menjadi hits. Dan itu terlihat dari konsep fisik Eureka yang juga sudah kelihatan hits banget.

“Keberadaan Eureka akan sangat menunjang pengembangan bisnis Sarinah Ke depan. Saat ini kami punya 500 mitra usaha kecil dan menengah yang memproduksi berbagai item produk berbasis industri kreatif. Untuk 2-3 tahun ke depan begitu proyek ini selesai jumlah mitra kami tentu akan lebih banyak lagi dan akan berkontribusi sesuai dengan pengembangan Eureka ke depan,” ujarnya. Diperkirakan Sarinah akan menempati areal lebih kurang 50.000 m2, dan merupakan salah satu anchor tenant di Eureka Creative Centre

Sementara itu, Presiden Direktur PT Eureka Prima Lukman Purnomosidi, menjelaskan saat ini ketika bicara tentang industri kreatif, dengan rentang pengalaman lebih dari 52 tahun, maka tidak ada yang bisa mengalahkan Sarinah. Keberadaan Sarinah di Eureka salah satunya adalah untuk energi agar industri kreatif Indonesia bisa terus update.

“Sarinah dan Eureka mendorong industri kreatif Indonesia keluar dan menjadi pintu masuk bagi pasar dalam dan luar negeri. Dengan penanda tanganan kerjasama ini, Sarinah dan LCGP sepakat untuk bersama membangun Eureka Creative Center sebagai Sentra Kreatif anak muda terbesar di Indonesia,” cetus Lukman.

Eureka akan menjadi tempat berkumpulnya seluruh komunitas pelaku industri kreatif Indonesia yang berbasis teknologi dan media. Didalamnya kata Lukman akan dibangun industri kuliner, fashion, music, film, arts, disain grafis, software development, game interactive, dll. Semua basis industri kreatif tersebut dilengkapi dengan sekolah, outlet, pusat pertunjukkan yang kemudian diintegrasikan dengan membangun industri media broadcast, tv dan radio.

“Untuk kuliner misalnya, akan terdapat 99 resto terbaik yang tematik dari seluruh nusantara. Pusat kreasi film anak-anak muda indie, disain grafis, seni animasi dan fashion kelas dunia. Semuanya dilengkapi sekolah berikut evennya. Ada interaksi dengan komunitas pelaku dan buyer. Harapan kami, Eureka menjadi one stop interactive place bagiindustri kreatif Indonesia,” pungkas Lukman.

Sebelumnya, untuk mengembangkan kawasan ini, perseroan telah menjalin kerjasama dengan Fakultas Design dan Seni Kreatif Universitas Mercubuana, Jakarta. Eureka menyediakan ruang untuk mahasiswa dan lulusan Mercubuana untuk berkreasi di Eureka, sesuai keahlian masing-masing. Eureka Towship akan menjembatani gap kebutuhan ruang untuk mendukung industri kreatif yang saat ini tengah berkembang pesat.

Check Also

Konstruksi

Atur Praktek Jasa Konstruksi, Pemerintah Terbitkan PP No 22 Tahun 2020

NASIONAL – Dalam rangka menjaga iklim usaha yang kondusif serta penyederhanaan aturan jasa konstruksi, Pemerintah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 172

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link