Friday , January 22 2021
Home / Indeks Berita / Pemkab Teluk Bintuni Ajukan Usulan Bantuan Bedah Rumah dan Rumah Khusus

Pemkab Teluk Bintuni Ajukan Usulan Bantuan Bedah Rumah dan Rumah Khusus

rumah khusus
Masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat. yang mendapatkan bantuan rumah khusus

PROPERTI – Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi papua Barat mengapresiasi berbagai bantuan program perumahan seperti bedah rumah dan pembangunan rumah khusus untuk para petani yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di daerah tersebut. Adanya bantuan perumahan tersebut diharapkan dapat mendorong masyarakat di daerah tersebut untuk menempati rumah yang nyaman, sehat dan layak huni.

“Kami sangat terbantu dengan bantuan bedah rumah dan rumah khusus yang dibangun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR di Kabupaten Teluk Bintuni,” ujar  Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumakan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, Vigilius Futunanembun di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

BACA JUGA :   Conwood Luncurkan Rumah Cepat Bangun

Menurut Vigi, program perumahan di Provinsi Papua Barat masih sangat dibutuhkan mengingat daerah tersebut merupakan daerah pemekaran. Untuk itu, Pemkab Teluk Bintuni akan terus berkoordinasi dengan Ditjen Perumahan Kementerian PUPR agar bisa mendapatkan bantuan perumahan yang termasuk dalam Program Sejuta Rumah.

“Kami yakin pemerintah melalui Kementerian PUPR akan tetap membantu kami untuk meningkatkan kualitas hunian masyarakat. Saat ini kami memiliki data sedikitnya masih ada sekitar 3.000 kepala keluarga yang masih tinggal di rumah yang tidak layak huni,” terangnya.

BACA JUGA :   Pasar Bagus, Metland Menteng Tawarkan Rumah Siap Huni

Lebih lanjut, Vigi menerangkan, program bedah rumah atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Melal;ui program tersebut, rumah masyarakat yang tidak layak huni ditingkatkan kualitasnya menjadi lebih layak huni.

“Setiap tahun setidaknya kami mendapatkan alokasi sekitar 200 rumah yang dibedah dari Kementerian PUPR. Untuk anggaran bedah rumah setiap unit rumah mendapatkan bantuan dana peningkatan kualitas rumah sebesar Rp 21 juta yakni Rp 16 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp 5 juta untuk upah tukang,” terangnya.

Selain itu, program pembangunan perumahan lain di Kabupaten Teluk Bintuni adalah rumah khusus. Sejak tahun 2015 hingga 2018 tercatat sebanyak 154 rumah khusus dibangun Ditjen Perumahan Kementerian PUPR untuk masayarakat.

BACA JUGA :   Antisipasi Industri 4.0, LJ Hooker Siapkan Platform Digital Bagi PC

“Kami terakhir mendapatkan bantuan rumah khusus pada tahun 2018 lalu sebanyak 28 unit Distrik Manimeri. Tahun ini kami kembali mengajukan usulan bantuan rumah khusus sebanyak 50 unit dan rumah susun ke Kementerian PUPR. Kami harap usulan kami bisa dipenuhi karena lahan untuk pembangunan juga telah kami siapkan,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menerangkan, untuk pengajuan usulan bantuan program perumahan, Pemerintah daerah dapat mengajukan usulan melalui aplikasi Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU). Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU) adalah aplikasi yang dirancang untuk menyediakan sistem informasi tata kelola bantuan perumahan yang terpadu dan mendukung proses bisnis pengelolaan bantuan perumahan di lingkungan Direktorat Jenderal Perumahan mulai dari tahap pengusulan bantuan, monitoring pelaksanaan pembangunan dan sebaran lokasinya, hingga akhirnya bantuan perumahan tersebut dihuni dan/atau diserahterimakan ke calon penerima manfaat.

BACA JUGA :   Tapera Bergulir, PUPR Pastikan Proses Penyediaan Perumahan Tak Berubah

“Pengajuan usulan bantuan perumahan dari Pemda ke Kementerian PUPR kini bisa dilaksanakan secara online melalui SIBARU. Jadi selain bisa mengurangi kegiatan tatap muka langsung di masa pendemi, apalikasi ini juga mempermudah kami dalam melakukan pendataan usulan bantuan dari Pemda,” terangnya.

Lebih lanjut, Khalawi menambahkan, aplikasi SIBARU ini merupakan perwujudan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik terpadu pada Direktorat Jenderal Perumahan yang dapat diakses secara online dan real time kapanpun dan dimanapun berada, sehingga diharapkan dapat memudahkan, cepat, transparan, efektif, efisien, akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan, serta terdokumentasi dengan baik secara digital.

BACA JUGA :   Hadapi Pandemi COVID-19, Program Padat Karya di 900 Kecamatan Dipercepat

“Aplikasi SIBARU dapat diakses melalui mesin pencari (browser internet) dengan mengetikkan laman sibaru.perumahan.pu.go.id atau dengan mengklik tombol SIBARU pada bagian Aplikasi di website resmi Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR yakni www.perumahan.pu.go.id,” katanya.

Check Also

Pemerintah Perbaiki Rumah dan Bangunan Terdampak Gempa di Sulbar

UMUM – Presiden Joko Widodo menyatakan, untuk gedung-gedung pemerintahan yang rusak dan roboh akan dibangun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 175

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link