Property & Bank

Wow ! Penumpang Whoosh Tembus 1 Juta Orang Dalam Dua Bulan

Whoosh
Penumpang kereta cepat Whoosh

Propertynbank.com – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat, kereta cepat Whoosh sudah melayani 1.028.216 penumpang selama 2 bulan beroperasi komersial, sejak tanggal 17 Oktober hingga 25 Desember 2023. Jumlah penumpang tertinggi yang dilayani dalam satu hari mencapai 21.500 penumpang, termasuk juga pada masa libur akhir tahun yang sedang berlangsung saat ini.

Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, pencapaian ini memperlihatkan bahwa tingginya minat masyarakat akan transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia dengan efisiensi waktu tempuh dan kenyamanan.

“KCIC berterima kasih kepada seluruh penumpang Whoosh dan ini menjadi salah satu motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” ujar Dwiyana, dikutip CNBC, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga : Kereta Cepat Jakarta Surabaya Sedang Dikaji, Jarak Tempuh Hanya 2 Jam

Survey menunjukan, sebanyak 48% penumpang Whoosh sebelumnya adalah pengguna mobil pribadi. Sehingga dapat dikatakan jika adanya Whoosh berhasil membantu program pemerintah dalam mengalihkan masyarakat dari transportasi pribadi ke transportasi umum yang lebih aman dan ramah lingkungan.

“Dengan tersedianya fasilitas yang baik dan layanan yang efisien, masyarakat semakin memilih transportasi umum seperti Whoosh, sehingga berkontribusi terhadap berkurangnya ketergantungan pada mobil pribadi,” kata dia.

Selain itu, keberhasilan dalam 1 juta penumpang ini juga menjadi salah satu bukti jika kereta cepat Whoosh telah mendapat kepercayaan masyarakat dan menjadi moda transportasi pilihan untuk perjalanan Jakarta-Bandung. Sejak beroperasi hingga menjelang pergantian tahun, operasional Whoosh berjalan lancar dan mencapai zero accident.

Menurut Dwiyana, para petugas yang bekerja telah melakukan SOP dengan baik agar kualitas pelayanan kepada penumpang bisa terjaga.

KCIC terus berkomitmen untuk dapat tetap meningkatkan pengalaman penumpang Whoosh baik di stasiun maupun selama dalam perjalanan. Berbagai masukan penumpang selalu menjadi perhatian bagi perusahaan untuk melakukan perbaikan berkelanjutan pada layanan kereta cepat Whoosh.

Baca Juga : Kereta Cepat Jakarta Bandung Dorong Pertumbuhan Bisnis Properti, Ini Buktinya !

“Mencapai 1 juta penumpang hanya dalam waktu dua bulan merupakan bukti tingginya kebutuhan akan transportasi umum yang modern dan andal di Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada setiap penumpang yang telah memilih Whoosh,” tambahnya.

KCIC, juga dikatakan akan terus memberikan pelayanan tebaik untuk memastikan Whoosh tetap menjadi pilihan utama untuk perjalanan masyarakat antara Jakarta dan Bandung.

timur jakarta, whoosh
Masyarakat antusias mengikuti uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ikut berbicara terkait capaian Kereta Cepat Whoosh. Budi mengatakan, animo yang tinggi dari masyarakat menandakan kereta cepat sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Dia mengungkap, Kereta Cepat Whoosh hadir untuk menjawab kebutuhan konektivitas antarwilayah yang cepat, aman, selamat, dan nyaman.

Menurut dia, dengan adanya kereta cepat tentu menempatkan Indonesia melaju sejajar dengan negara maju. Transformasi dan inovasi yang telah diupayakan, kini telah dinikmati manfaatnya secara nyata. “Alhamdulillah, animo masyarakat untuk menggunakan kereta cepat sangat tinggi,” kata Budi Karya dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga : Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Diperkirakan Mulai Rp 300 Ribu

Ia menambahkan, kehadiran kereta cepat tidak hanya memenuhi kebutuhan bertransportasi, tetapi juga memberikan efek berganda lainnya. Beberapa efek berganda tersebut diantaranya menumbuhkan titik-titik ekonomi baru, membuka lapangan pekerjaan, adanya alih teknologi yang dapat meningkatkan kualitas SDM nasional.

Budi Karya juga mengapresiasi PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator kereta cepat atas capaian ini. Dia berharap pelayanan yang diberikan ke depannya akan semakin baik.

“Saya juga berterima kasih atas kepercayaan dari masyarakat yang telah menggunakan WHOOSH. Naik WHOOSH lebih cepat, tidak macet di jalan, dan mengurangi polusi,” katanya.

Whoosh Mudahkan Mobilitas

Beberapa dampak adanya kereta cepat Whoosh saat ini dapat dirasakan adalah, yang pertama peningkatan Mobilitas. Kereta cepat dapat meningkatkan mobilitas masyarakat, menghubungkan kota-kota besar dan daerah-daerah yang terpencil dengan lebih efisien.

Kedua peningkatan ekonomi. Infrastruktur kereta cepat dapat memberikan dorongan ekonomi, menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan konektivitas antarwilayah yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga : Penting ! Pemetaan Dampak Pembangunan Kereta Cepat

Ketiga, penurunan kemacetan kendaraan pribadi. Dengan menyediakan alternatif transportasi yang cepat dan efisien, kereta cepat dapat membantu mengurangi tekanan pada jalan raya dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Keempat ramah lingkungan. Dibandingkan dengan transportasi pribadi, kereta cepat memiliki potensi untuk menjadi opsi yang lebih ramah lingkungan jika menggunakan sumber energi yang bersih.

Kereta Cepat WHOOSH merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan rute Jakarta-Bandung dan melayani empat stasiun, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.  (Nabilla Chika Putri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini