Sunday , July 12 2020
Home / Properti / Perumahan / PUPR Optimis Program Sejuta Rumah Tahun Ini Tercapai

PUPR Optimis Program Sejuta Rumah Tahun Ini Tercapai

Prosesi Peresmian Program Satu Juta Rumah oleh Presiden Joko Widodo.
Prosesi Peresmian Program Satu Juta Rumah oleh Presiden Joko Widodo.

BERITA PROPERTI-Meski target pembangunan sejuta rumah pada tahun 2015 lalu tidak terpenuhi, pemerintah tetap optimis mampu menjalankan program tersebut tahun ini. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan target pembangunan sejuta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) akan lebih banyak dibandingkan rumah untuk non MBR dalam Program Sejuta Rumah.

“Pada tahun 2016 ini program sejuta rumah masih menargetkan pembangunan 1.000.000 unit rumah. Adapun target pembangunan rumah untuk MBR nantinya akan lebih besar yakni mencapai 700.000 unit rumah, sedangkan non MBR hanya 300.000 unit rumah,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin saat Rapat Koordinasi Program Sejuta Rumah di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (1/3) yang disampaikan melalui siaran pers.

Menurut Syarif, hingga saat ini Kementerian PUPR terus berusaha agar program sejuta rumah dapat berjalan dengan baik di daerah-daerah. Selain itu, kerjasama dengan pihak perbankan dan pengembang pun terus ditingkatkan mengingat pemerintah sendiri tentunya tidak akan mampu membangun seluruh rumah untuk masyarakat karena keterbatasan anggaran yang ada.

“Dari 113.422 unit rumah MBR yang akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR adalah pembangunan Rusunawa 12.072 unit, program bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah melalui peningkatan kualitas rumah 94.000 unit dan pembangunan rumah baru MBR sebanyak 1.000 unit dan pembangunan rumah khusus sebanyak 6.350 unit.  Adapun pembangunan rumah MBR yang melalui non APBN adalah lewat penyaluran KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan non FLPP,” ujar Syarif.

Pihaknya yakin, program sejuta rumah tahun 2016 ini bisa mencapai target apabila semua pihak dapat saling bekerjasama di lapangan. Dukungan Pemda dalam hal ini adalah mempermudah perijinan pembangunan rumah bagi MBR di daerah sehingga seluruh masyarakat bisa memiliki rumah yang layak huni dengan harga yang terjangkau.

Check Also

huntap

Untuk Korban Bencana, Pemerintah Optimalkan Pembangunan Huntap

PROPERTI – Kementerian PUPR terus mendorong progress pembangunan hunian tetap (Huntap) untuk masyarakat korban bencana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 172

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link