Sunday , November 29 2020
Home / Breaking News / Ruas Cimanggis – Cibitung Seksi I Siap Operasi, Ke Tol Jagorawi Lebih Cepat

Ruas Cimanggis – Cibitung Seksi I Siap Operasi, Ke Tol Jagorawi Lebih Cepat

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi I beroperasi 10 November 2020

INFRASTRUKTUR – Ruas Tol Cimanggis-Cibitung yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam waktu dekat akan segera beroperasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan ruas-ruas tol baru sesuai.

Jalan tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,2 Km tersebut terdiri dari Seksi I (Junction Cimanggis – On/Off Ramp Jatikarya) sepanjang 2,8 Km dan Seksi II (On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung) sepanjang 23,4 Km, dimana untuk Seksi I saat ini sudah rampung konstruksinya dan siap operasi penuh.

BACA JUGA :   Ulang Tahun Golf Graha Famili, Di Gelar Turnamen Golf Ethnic Futuristic

Kehadiran ruas ini akan menambah kapasitas jalan dan melengkapi struktur jaringan jalan pada Kawasan Metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing  investasi.

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi I akan segera beroperasi  setelah diterbitkannya Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1540/KPTS/M/2020 tanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I (Junction Cimanggis – On/Off Ramp Jatikarya).

BACA JUGA :   Pulihkan Ekonomi, Realisasi Belanja Infrastruktur PUPR di 2020 Capai 44%

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyatakan, pengoperasian Seksi I Jalan Tol Cimanggis-Cibitung akan dioperasikan tanpa tarif mulai Selasa, 10 November 2020. “Dibukanya ruas ini tanpa tarif merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat hingga akhir November 2020,” ujar Danang.

Jalan tol ini akan menghubungkan akses jalan Cibubur ke Tol Jagorawi dimana kondisinya saat ini sudah sangat padat terutama pada jam kerja dan jam pulang kerja, sehingga diharapkan masyarakat pada kawasan tersebut memiliki jalur alternatif dalam mengurai kemacetan. Jika sebelumnya untuk menuju ke tengah akses jalan Transyogi/Alternatif Cibubur dari Tol Jagorawi dan sebaliknya bisa memakan waktu lebih dari 30 menit, kini dengan dioperasikannya Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I hanya akan membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit saja.

Selanjutnya untuk pembangunan Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya – Junction Cibitung saat ini progres konstruksinya telah mencapai 73 %  dan ditargetkan konstruksinya selesai pada Maret 2021 mendatang. Pembangunannya dilaksanakan oleh BUJT PT Cimanggis Cibitung Tollways dengan kerjasama kepemilikan saham antara PT Waskita Toll Road, PT Bakrie Toll Indonesia, dan PT Bakrie and Brothers, dengan total investasi sebesar Rp10,6 triliun.

BACA JUGA :   Pacific Paint “Hundred In Fifty Harmony” Pecahkan Rekor MURI

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung dibangun dua arah dan masing-masing terdiri dari 3 lajur dengan menggunakan jenis perkerasan beton (rigid pavement).

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), yang terdiri dari Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran (14,2 Km), Kunciran – Serpong (11,4 Km), Serpong – Cinere (10,1 Km), Cinere – Jagorawi (14,6 Km), Cimanggis – Cibitung (26,2 Km), dan Cibitung – Cilincing (34 Km).

Check Also

Intiland Luncurkan Klaster DUO di Talaga Bestari, Harga Mulai Rp 700 jutaan

PERUMAHAN – PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD) berkolaborasi dengan PT Quanta Land Indonesia (Quanta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link