Property & Bank

Peringati Selebrasi 5 Tahun, Komunitas Ibu Arsitek Gelar Pameran Arsitektur

ibu arsitek
(Ki-Ka) : Stephanie Larassati, Kurator
Doti Windajani, Ketua IAI Jakarta, Osrithalita Gabriela, Event Director
Fauzia Evanindya, Kurator

Propertynbank.com – Komunitas Ibu Arsitek menggelar pameran dan rangkaian program Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek, mulai dari 14 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 mendatang, di Dia.Lo.Gue Kemang, Jakarta. Acara ini menandai perjalanan penting komunitas Ibu Arsitek, dengan mengeksplorasi konsep rumah yang terhubung, ke setiap ruang mengisahkan narasi unik melalui integrasi visual, suara, aroma, dan tekstur.

Dalam perjalanannya, komunitas Ibu Arsitek didirikan pada tanggal 22 Desember 2018 lalu di tempat yang sama, Dia.Lo.Gue Kemang. Peresmiannya bersamaan dengan peringatan hari Ibu Nasional yang selalu dirayakan oleh masyarakat setiap tanggal 22 Desember. Selain itu, peringatan ini juga mengenang Kongres Perempuan Indonesia pertama yang berlangsung pada tanggal 22 Desember tahun 1928 lalu.

Komunitas Ibu Arsitek yang saat ini berkembang menjadi jejaring 14 perempuan yang aktif berkolaborasi, berawal dari inisiatif tiga perempuan arsitek. Perkembangan komunitas ini bahkan tetap terus berjalan meskipun saat pandemi beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Arsitektur Berperan Penting Mendukung Industri Pariwisata

Pada tahun 2023 ini, Ibu Arsitek, bersama 35 perempuan lainnya, bersinergi untuk mengadakan perayaan khusus, yang juga disemarakkan oleh lebih dari 300 perempuan arsitek lainnya dari seluruh Indonesia.

Co-Initiator Ibu Arsitek & Event Director kegiatan ini, Osrithalita Gabriela menyoroti betapa pentingnya peran dan dukungan sesama perempuan serta lingkungan terdekat dalam mengatasi tantangan yang dihadapi perempuan di bidang arsitektur di Indonesia.

“Ibu Arsitek memiliki tujuan yang sederhana, yaitu untuk menjadi rumah yang saling menghubungkan dan mendukung para perempuan yang mencintai dan memilih karir di dunia arsitektur dengan segala tantangan stigma perempuan di dunia kerja, hingga pembagian peran dalam berkarir dan berkeluarga,” ujar Osrithalita Gabriela dalam keterangan, dikutip Sabtu, (23/12/2023).

Menurut dia, selebrasi ini bukan hanya menampilkan karya, tetapi juga cerita perempuan Indonesia yang menonjolkan realitas dan kontribusi mereka dalam arsitektur. Sedangkan konsep pameran ini adalah mengangkat profil perempuan di dunia arsitektur dengan variasi praktik, latar belakang, domisili, dan generasi.

Kurator pameran, Fauzia Evanindya dan Stephanie Larassati memilih sebelas host pameran yang kemudian melakukan kurasi dan mengumpulkan lebih dari 70 profil perempuan Indonesia di arsitektur, menonjolkan kekuatan, perjalanan, kepribadian, dan kontribusi mereka.

Pertemuan Ibu Arsitek

Rangkaian acara ini meliputi pameran, diskusi, lokakarya, dengan puncak acara pertemuan Ibu Arsitek pada 22 Desember 2023, yang dihadiri oleh undangan komunitas Ibu Arsitek. Pada acara puncak ini, para perempuan arsitek berdiskusi dan bertukar pikiran akan isu-isu di dunia praktik arsitektur, hingga membahas mimpi dan harapan akan komunitas Ibu Arsitek ini kedepan. Pertemuan ini merupakan simbol pertumbuhan, transformasi, dan dampak positif perempuan dalam arsitektur.

Baca Juga : Jakarta Fashion Week 2024 Padukan Arsitektur dan Fashion 

Sebagai infromasi, pada rangkaian acara Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek ini, komunitas Ibu Arsitek bersinergi bersama dengan berbagai mitra kolaborator, baik untuk mendukung rangkaian acara, kolaborasi official merchandise Ibu Arsitek, hingga media yang ikut berpartisipasi menyemarakkan selebrasi ini.

“Ibu Arsitek berterima kasih atas dukungan dan kolaborasi 10 mitra sponsor, diantaranya Nippon Paint, Teka Parquet, Cadenza, Vivere, Sandei, Moire Rugs, Mitra Warga, Roca, Damansara, dan Eztu Glass, yang ikut hadir dalam ruang pameran acara Selebrasi 5 Tahun Ibu Arsitek 2023 untuk menghadirkan pengalaman berada dalam rumah yang saling terhubung. Kolaborasi ini menghasilkan ekspresi ruang dan visual yang kaya dan sarat akan semangat kebersamaan,” tutup Osrithalita Gabriela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini