Tuesday , August 4 2020
Home / Indeks Berita / Tak Ingin Ketinggalan, PUPR Siapkan Stategi Khusus Dalam Revolusi Industri 4.0

Tak Ingin Ketinggalan, PUPR Siapkan Stategi Khusus Dalam Revolusi Industri 4.0

Gedung PUPR
Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

BERITA PROPERTI  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan sejumlah strategi khusus serta terobosan dalam sektor pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat dalam mengahadapi era Revoluasi Industri 4.0.

“Kami (Kementerian PUPR-red) siap untuk menghadapi revolusi industry 4.0 untuk bidang pembangunan infrastruktur dan perumahan di Indonesia,” ujar Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Yusuf Hariagung.

BACA JUGA :   Dipastikan Mulai Beroperasi Tahun 2021, Sasaran Awal Tapera Hanya ASN

Yusuf Hariagung menjelaskan, setidaknya ada tiga rencana aksi yang akan dilaksanakan Kementerian PUPR dalam menghadapi revolusi industry 4.0. Pertama, persiapan infrastruktur yakni software dan hardware, penguatan database dan pemanfaatan teknologi dengan mempertimbangkan kecepatan akses, kehandalan dan keamanan data. Kedua adalah persiapan sumber daya manusia (SDM)  atau humanware) dengan baik seperti Aparatur Sipil Negara (ASN)  PUPR, maupun para penyedia jasa yakni tenaga ahli konsultan dan kontraktor yang akan mengoperasikan teknologi.

Sedangkan yang ketiga adalah menugaskan Direktorat Jenderal teknis untuk menyiapkan pilot project infrastruktur untuk direncanakan, didesain, dilaksanakan dan dikelola menggunakan pilihan – pilihan teknologi digital pada 2020.

BACA JUGA :   Skema KPBU Mahal, Pemerintah Butuh Rp780 T Bangun 3,9 Juta Unit Rumah

“Kami juga berharap pemanfaatan internet dan teknologi dalam mempermudah suatu pekerjaan baik itu untuk pendididkan dan  pekerjaan.  Mahasiswa sebagai generasi milenial juga dapat menjadikan internet sebagai media komunikasi dan belajar di luar perkuliahan di lingkungan kampus,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Yusuf Hariagung juga menyampaikan beberapa capaian hasil pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat yang telah dilaksanakan oleh kementerian PUPR selama kurun waktu 2015  hingga 2019.

Check Also

sholat ied

Kementerian PUPR Salurkan 95 Hewan Kurban ke 12 Provinsi

SEKITAR KITA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menyalurkan hewan kurban berupa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 172

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link