Home / Bahan Bangunan / Terima Pengurus ASAKI, Menteri PUPR Janji Kawal Penggunaan Produk Lokal

Terima Pengurus ASAKI, Menteri PUPR Janji Kawal Penggunaan Produk Lokal

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerima audiensi pengurus ASAKI. Tampak Ketua ASAKI Edy Suyanto memberikan Direktori ASAKI kepada Menteri PUPR

BAHAN BANGUNAN – Selasa, (27/4) lalu, pengurus Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) melakukan audiensi kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban tersebut, ASAKI melaporkan kinerja industri keramik yang digawang oleh ASAKI, semakin membaik dari kuartal ke kuartal. Sebelumnya, tingkat utilisasi di Q4 2020 sebesar 68% (tingkat utilisasi sepanjang tahun 2020 sebesar 58%) dan meningkat di Q1 2021 ini yang mencapai 75%. Level pencapaian utilisasi 75% merupakan yang tertinggi semenjak tahun 2015 lalu.

Ketua ASAKI Edy Suyanto mengatakan, angka utilisasi 75% tersebut mencerminkan industri lebih cepat pulih dari estimasi sebelumnya. Bahkan, kata Edy, pada bulan April 2021 ini, sudah kembali meningkat ke level 80%.

“Adanya pemberian insentif Ppn pembelian rumah dan pelarangan pemanfaatan produk impor dari Kementerian PUPR untuk proyek infrastruktur dan properti, merupakan salah satu katalis positif untuk industri keramik nasional. Disamping itu, stimulus harga gas 6 US Dollar yang jelas-jelas telah meningkatkan daya saing industri,” kata Edy kepada propertynbank.com.

BACA JUGA :   Setiap Gedung Wajib Miliki Pintu Darurat, Sanwamas Beri Solusi Pintu Besi

Lebih lanjut dikatakan Edy yang juga COO Arwana Ceramic ini, Menteri PUPR memberikan dukungan pada pemanfaatan produk bahan bangunan khususnya produk-produk dari member ASAKI berupa keramik, sanitary ware, rooftiles/genteng keramik dan tableware.

“Pak Menteri sangat senang dan bangga bahwa produk keramik rata-rata memiliki TKDN di atas 80%. Beliau berjanji akan mengawal terus pelaksanaan pelarangan pemanfaatan produk import tersebut,” tegas Edy. Dalam pertemuan tersebut, Edy juga menyerahkan Direktori ASAKI yang diterbitkan bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Properti dan Keuangan (AJPK), Majalah Property&Bank dan Majalah MyHome.

Check Also

Adanya Relaksasi, Penjualan Diprediksi Meningkat Hingga Akhir Tahun

PROPERTI – Berbagai langkah yang dilakukan pemerintah, diharapkan dapat menumbuhkan kembali gairah sektor properti di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 178

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link