Wednesday , April 14 2021
Home / Breaking News / Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran dan Tol Serpong Cinere Seksi I Siap Beroperasi

Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran dan Tol Serpong Cinere Seksi I Siap Beroperasi

Gerbang tol

UMUM – Sejumlah pembangunan jalan tol diharapkan bisa segera selesai dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum secepatnya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau kesiapan Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran sepanjang 14,19 km dan Tol Serpong – Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6,5 km pada Selasa sore (30/3/2021).

Kedua ruas tol yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (1/4/2021).

Menteri Basuki didampingi Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja pertama kali meninjau lokasi Gerbang Tol (GT) Husein Sastranegara Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran dan dilanjutkan ke GT Pamulang.

BACA JUGA :   Resmikan Show Unit, Go Home Ajak Konsumen Rasakan Hunian Nuansa Jepang

Pada kesempatan itu, Endra S. Atmawidjaja yang juga juru bicara Kementerian PUPR mengatakan, jalan tol ini akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi Barat, yang sudah dinantikan masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan. “Ini juga menjadi alternatif lain dari Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta,” tutur Endra.

Dikatakan Endra, untuk Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran, secara keseluruhan fungsi badan utama jalannya sudah selesai dan berfungsi dengan baik. “Tinggal perapihan (finishing) di beberapa titik seperti guard rail dan marka jalan, tidak mengganggu fungsi utama tol dari gate ke gate,” ujarnya.

Dari pengamatan di lapangan dan data progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran saat ini telah mencapai 94,08 %. Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan biaya konstruksi sebesar Rp 1,96 triliun.

BACA JUGA :   8 Ruas Tol Baru di Kawasan Strategis Mulai Dibangun Akhir 2020, Dimana Saja?

Seperti diketahui, pembangunan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Untuk tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

Endra menjelaskan, jalan Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

BACA JUGA :   Bank Papua Ditunjuk Sebagai Penyalur Program Dana Bedah Rumah

Sedangkan untuk Ruas Tol Serpong – Cinere sepanjang 10,1 km yang terdiri atas 2 seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 km yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang -Cinere sepanjang 3,6 km dengan progres pengerjaan 86%. Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya dengan biaya konstruksi Rp2,1 triliun. “Untuk sisa seksi 2 Pamulang-Cinere nantinya akan tersambung ke Ruas Tol Cinere- Jagorawi dan Tol Depok -Antasari, sehingga menjafi jaringan yang terhubung,” pungkas Endra.

Check Also

Pastikan Efektif Juli 2021, PPDPP Nyatakan SiPetruk Sudah Bisa Diunduh

PROPERTI – Walaupun masih muncul pro dan kontra dikalangan pengembang properti, Badan Layanan Umum (BLU) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 177

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link