Friday , September 18 2020
Home / Indeks Berita / Diprediksi Harga Naik Paling Tinggi, Rumah Tipe Kecil Jadi Paling Favorit

Diprediksi Harga Naik Paling Tinggi, Rumah Tipe Kecil Jadi Paling Favorit

rumah sederhana
Program Satu Juta Rumah sampai 28 Oktober 2019 lalu, mencapai 1.040.961 unit

EKONOMI – Survei BI mencatat mayoritas, saat ini konsumen masih membeli rumah menggunakan KPR. Harga rumah diperkirakan meningkat secara terbatas pada kuartal pertama tahun ini dibanding kuartal sebelumnhya. Kenaikan tertinggi masih akan terjadi pada rumah tipe kecil.

Hal ini tercermin dalam survei harga properti residensial yang dirilis Bank Indonesia, pada Rabu (12/2/2020). Survei itu mengindikasikan harga rumah di kuartal I 2020 tumbuh 0,43% secara kuartalan, lebih tinggi dibandingkan sebelumnya sebesar 0,3%. Kenaikan tertinggi terjadi pada harga rumah tipe kecil sebesar 0,63%.

BACA JUGA :   Tol Cijago, Permudah Akses Menuju Kawasan Cinere

Angka ini naik dibanding kuartal sebelumnya 0,3%. Pertumbuhan harga rumah tipe menengah meningkat dari 0,32% menjadi 0,4%. Ssecara tahunan, harga rumah tercatat tumbuh melambat dari 1,77% mejadi 1,66%. Perlambatan pertumbuhan harga terutama terjadi pada rumah tipe menengah dan besar.

Kenaikan harga rumah tertinggi terutama terjadi di kota Medan, sedangkan pertumbuhan harga rumah terendah ada di Jabodetabek. Pada kuartal IV 2019, pertumbuhan harga rumah tercatat melambat dari kuartal sebelumnya sebesar 0,5%. Kenaikan harga rumah tipe kecil turun paling tajam dibanding kuartal III 2019 yang tumbuh 0,96%.

BACA JUGA :   Pemda Diminta Evaluasi Pembangunan Perumahan

Hasil survei juga menunjukkan penjualan properti pada kuartal terakhir tahun lalu, justru turun 16,33% dibanding kuartal sebelumnya. Penurunan penjualan terjadi pada rumah tipe besar mencapai 18,78%, rumah tipe kecil 18,51%, dan rumah tipe menengah 10,75%.

Menurut penjelasan responden, suku bunga KPR yang tinggi masih menjadi hambatan dalam penjualan rumah. Padahal, mayoritas konsumen masih menggunakan KPR untuk membeli rumah. Selain itu, perizinan pengembangan lahan, proporsi uang muka yang tinggi dalam pengajuan KPR, dan permasalahan pajak disebut turut menjadi hambatan. (Artha Tidar)

Check Also

#RumahAdalah

Bangun Energi Positif di Rumah, Schneider Electric Kampanyekan #RumahAdalah

UMUM – Salah satu cara untuk mengurangi penyebaran Covid-19 adalah dengan lebih banyak melakukan aktifitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 173

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
cover majalah
close-link