Tuesday , November 24 2020
Home / Indeks Berita / HousingEstate Gelar HousingEstate Awards dan Green Property Awards

HousingEstate Gelar HousingEstate Awards dan Green Property Awards

Para penerima HousingEstate Awards dan Green Property Awards

BERITA PROPERTI – Sejumlah proyek properti dan bahan bangunan mendapatkan penghargaan dari Majalah Housing Estate, dalam gelaran HousingEstate Awards dan Green Property Awards (GPA) 2018. Acara yang diselenggarakan Rabu (12/12) malam itu, bertempat di Ballroom Hotel Le Meridien, kawasan Sudirman, Jakarta.

Tahun ini, penghargaan diberikan kepada 13 proyek ditambah lima produsen bahan bangunan, yang mencatatkan penjualan masih cukup baik, meskipun kondisi industri properti masih lamban. Meskipun begitu, HousingEstate mengaku masih ada proyek properti lain yang juga masih cukup baik penjualannya tahun ini.

Memang, menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 2017 produk domestik bruto (PDB) real estate tumbuh 3,68 persen, merosot jauh dibanding 2016, 2015, dan 2014 yang masing-masing tercatat 4,69 persen, 4,11 persen, dan 5 persen. Tahun 2018 (sampai akhir semester pertama), pertumbuhannya kembali turun hanya 3,11 persen dan besar kemungkinan tidak banyak berubah hingga akhir tahun.

BACA JUGA :   Berharap Corona Cepat Tuntas, Makin Cepat Akan Semakin Bagus

Baik developer maupun pengamat mengakui situasi pasar saat ini masih berat, walupun pertumbuhan ekonomi cukup baik, inflasi dan tingkat bunga terjaga rendah.  Namun, dalam situasi makin lesu itu, sejumlah perumahan dan apartemen masih bisa berjualan (marketing sales) cukup baik. Bahkan, beberapa penjualannya masih meningkat dibanding tahun 2017.

Sejumlah pengembang yang masih mencatatkan penjualan positif dan menerima penghargaan dalam HousingEstate Awards diantaranya adalah, Golden Park 3           yang dikembangkan oleh GNA Group sebagai Most Favoured Middle Class – Small Scale Housing Estate in Tangerang, Jakarta Garden City yang dikembangkan oleh PT Mitra Sindo Sukses sebagai Most Favoured Township Scale Housing Estate in Jakarta, dan Paramount Land sebagai Most Favoured Middle Up Class – Township Scale Housing Estate in Tangerang.

BACA JUGA :   Tumbuh 11,8%, Laba Bersih CIMB Niaga Kuartal I 2020 Sebesar Rp 1,1 Triliun

Selain itu juga ada CitraRaya yang dikembangkan oleh PT Ciputra Residence sebagai Most Favoured Middle Class – Township Scale Housing Estate in Tangerang, Podomoro Park yang dikembangkan oleh PT Pesona Mitra Kembar Mas sebagai Most Favoured Middle Up Class – Big Scale Housing Estate in Bandung, Opus Park yang dikembangkan oleh PT Izumi Sentul Realty sebagai Most Favoured Middle Up Class – Apartment in Bogor dan Kawana Golf Residence yang dikembangkan oleh PT Jababeka Creed Residence sebagai Most Favoured Middle Up Class-Apartment in Bekasi, Jawa Barat.

Green Property Awards
Sementara itu, untuk penghargaan Green Property Awards (GPA) 2018, HousingEstate memberikan penghargaan kepada 11 proyek dari 9 perusahaan developer. Seperti sebelum-sebelumnya, penilaian mencakup delapan kriteria: penataan ruang kawasan sesuai aturan, energi hijau, desain bangunan hijau, pengelolaan air, sistem pengelolaan sampah dan limbah, transportasi umum, ruang terbuka hijau, dan partisipasi warga. Penilaian dilakukan tim HousingEstate di bawah supervisi arsitek lansekap dan pengamat perkotaan Ir. Nirwono Joga MLA.

“Kami terus konsisten menyelenggarakan apa yang disebut dengan Green Property Awards (GPA) sejak 10 tahun lalu, untuk mendorong perusahaan developer menerapkan konsep eco friendly itu dalam pengembangan proyek-proyeknya, kendati insentif dan keseriusan pemerintah mendukungnya masih minim, dan keseriusan developer juga naik turun,” ujar Ir. Nirwono Joga MLA.

BACA JUGA :   Tahun ini, HOMEDEC Diselenggarakan Di Jakarta Dan Tangerang

Lebih lanjut dikatakan Nirwono, developer penting terus didorong menjadi ramah lingkungan, karena real estate adalah proyek yang mengubah lahan terbuka dan vegetasi menjadi bangunan. Selain itu real estate juga menghasilkan permukiman dengan segala aktivitasnya yang menambah berat beban sebuah kota.

Mereka yang memperoleh penghargaan GPA 2018 diantaranya adalah, Royal Tajur (Kota Bogor, Jawa Barat) yang dikembangkan PT. Tajur Surya Abadi sebagai Green Property Awards 2018 (Green Design), Mal Ciputra (CitraRaya, Cikupa, Tangerang-Banten) yang dikembangkan oleh  PT Ciputra Residence sebagai Green Property Awards 2018 (Green Water Management) dan Sayana Apartment (Kota Harapan Indah, Bekasi-Jawa Barat) yang dikembangkan oleh Damai Putra Group Green sebagai Property Awards 2018 (Green Design).

Selain itu, penghargaan juga diterima oleh CitraGarden BMW (Cilegon, Banten) yang dikembangkan oleh PT Ciputra Residence sebagai Green Property Awards 2018 (Green Water Management), Tamansari Kencana (Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat) yang dikembangkan oleh PT Wika Realty Tbk sebagai Green Property Awards 2018 (Green Water Management) dan BSD City (Serpong, Tangerang Selatan, Banten)oleh Sinar Mas Land sebagai Green Property Awards 2018 (Green Planning & Design).

Check Also

ICEBM ke 9 Untar, Menteri BUMN Ajak Adaptasi Strategi Bisnis Saat Pandemi

UMUM – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara (FEB Untar) kembali mengadakan International Conference on …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link