Home / Indeks Berita / Masa Transisi Hingga Desember 2021, SiPetruk Belum Jadi Syarat KPR FLPP

Masa Transisi Hingga Desember 2021, SiPetruk Belum Jadi Syarat KPR FLPP

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin

NASIONALPusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) memastikan, pelaksanaan aplikasi SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi) masih dalam masa transisi hingga Desember 2021, meskipun sudah mulai berlaku pada bulan Juli 2021.

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin menjelaskan, diberlakukannya masa transisi tersebut adalah untuk memperkaya data Aplikasi SiPetruk yang menerapkan Artificial Intelegency. Dengan menggunakan AI, lanjut dia, tentunya SiPetruk membutuhkan banyak informasi sebagai database teknologinya sesuai standar yang digunakan.

“Hal ini yang menjadi salah satu pertimbangan kami dan memutuskan bahwa Aplikasi SiPetruk perlu untuk dilakukan masa transisi. Namun, Direktorat Bina Konstruksi telah memberikan SKT (Serifikat Keterampilan) kepada hampir 7.000 tenaga konstruksi di Indonesia. Ini harusnya sudah dapat mendukung pelaksanaan SiPetruk, karena relatif 1:1 apabila kita melihat data jumlah pengembang yang terdaftar di SiKumbang (Sistem Kumpulan Pengembang) yang mencapai 9.000,” tegas Arief.

Atas kondisi tersebut, lanjut Arief, dirinya menghimbau kepada seluruh bank pelaksana penyalur KPR Sejahtera FLPP Tahun 2021 untuk tidak mensyaratkan terlebih dahulu kelengkapan SiPetruk kepada para pengembang di masa transisi tersebut “Rumah yang dibangun di Bulan Juli adalah rumah yang menggunakan SiPetruk, namun untuk tahap awal ini tidak menggugurkan,” tegas Arief.

Seperti diketahui, akhir tahun 2019 lalu PPDPP meluncurkan aplikasi SiPetruk guna memantau kualitas hunian rumah subisidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang diperuntukkan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dalam beberapa kesempatan, Arief Sabaruddin memastikan aplikasi SiPetruk tidak akan menghambat progres kerja pengembang perumahan.

“Fungsi pengawas pada aplikasi SiPetruk hanya sebatas membimbing pengembang untuk mengisi ketentuan yang telah diterapkan oleh sistem yang ada pada SiPetruk. Sistem yang dirancang dalam SiPetruk akan dapat mengakomodir seluruh kondisi di lapangan, seperti contoh kasus kondisi pengembang yang membangun perumahan pada area tanah gambut yang perlu diperhatikan dengan ketentuan yang berbeda,” ujar Arief.

Check Also

Pemerintah Gulirkan Stimulus, Triniti Dinamik Optimis Penjualan Tumbuh 15%

Lobby The Smith, Tangerang PROPERTI – Berbagai kemudahan dan stimulus yang diluncurkan pemerintah, diyakini dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 180

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link