Property & Bank

Groundbreaking Tahap 5 Telah Dilakukan, Pemerintah Percepat Pembangunan IKN

pembangunan IKN
Groundbreaking tahap 5 pembangunan IKN

Propertynbank.com – Pemerintah terus mempercepat proses pembangunan IKN (Ibu Kota Nusantara) di Kalimantan Timur. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa hanya diperlukan waktu 10 tahun agar IKN menjadi kota yang berkembang.

“Tapi sesuai yang tadi saya sampaikan kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini sudah menjadi kota yang hidup yang dihuni oleh banyak masyarakat kita,” kata Jokowi mengutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/3/2024).

Menurutnya, pemerintah terus mengerjakan pembangunan IKN dan proyek-proyek untuk mendukung kehidupan masyarakat di Ibu Kota Nusantara itu. Contoh pembangunan IKN seperti pembangunan perumahan, sekolah, dan rumah sakit. Oleh karena itu, Jokowi sendiri telah beberapa kali melakukan groundbreaking di kawasan tersebut.

Tahapan Groundbreaking Pembangunan IKN

Sedikit Informasi pemerintah telah melakukan groundbreaking di Ibu Kota Nusantara sebanyak lima tahap. Tahap kelima ini baru-baru ini dilakukan oleh Presiden Jokowi pada Kamis (29/2) dan Jumat (1/3) lalu.

Baca Juga : Groundbreaking Tahap 5 IKN, Kantor Perbankan Hingga BPJS Kesehatan Mulai Dibangun

Secara rinci, groundbreaking tahap pertama dilakukan untuk proyek-proyek dari Agung Sedayu Group, Salim Group, Pulauintan, Adaro, Barito Pasific, Mulia Group, Astra Group, Vasanta, Innopark, RS Adbi Waluyo, PSSI, dan FIFA.

Kemudian, groundbreaking tahap kedua dilakukan untuk proyek-proyek dari RS Hermina, Pakuwon Group, NIS, Mayapada Hospital, Astra International – Yayasan Pendidikan Astra, Kemenhub, BPJS TK, Bank Indonesia, dan PLN.

pembangunan ikn
Salah satu prosesi groundbreaking tahap 5 di IKN

Selanjutnya, groundbreaking tahap ketiga dilakukan untuk proyek-proyek dari PT Tirta Investama, KLHK Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, The Pakubuwono, PT Wulandari Bangun Laksana, Balikpapan Superblock, BSH, Blue Bird, Kantor Polres Khusus IKN, dan Kantor Komando Distrik Militer.

Groundbreaking tahap keempat telah dilakukan untuk proyek-proyek dari Jambuluwuk Nusantara Hotel, Kantor Otorita Ibu Kota Nusantara, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Masjid Negara, Memorial Park, Nusantara Warehouse Park, dan Sentra Unggul Nusantara (SUN) Hub.

Baca Juga : Penduduk IKN Dibatasi Hanya 2 Juta Orang Hingga 2045, Netizen Meradang

Groundbreaking tahap kelima dilakukan pada Kamis dan Jumat lalu untuk proyek tiga bank BUMN terbesar di Indonesia, yaitu Mandiri, BRI, dan BNI. Pada saat yang sama, Otorita IKN bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menandatangani rencana pembangunan gedung kantor OJK di calon ibu kota baru tersebut.

Selain itu, Jokowi juga telah meresmikan Kantor BPJS Kesehatan, melakukan topping off tower hunian ASN, dan melakukan groundbreaking PT Telkom Indonesia. (Nabilla Chika Putri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *