Property & Bank

PLN Pusdiklat Rayakan Hari Lingkungan Hidup Internasional 2024

Pusdiklat
Momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Pusdiklat mengadakan aksi bersih-bersih Pesisir Sungai Ciliwung di Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (05/06/2024)

Propertynbank : PT. PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PLN Pusdiklat) memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional 2024 dengan mengadakan aksi bersih-bersih Pesisir Sungai Ciliwung di Tanjung Barat, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini menjadi bagian dari Program Green Employee Involvement, guna meningkatkan kesadaran para insan PLN terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini sejalan dengan langkah PLN melibatkan dan berkolaborasi untuk memberdayakan masyarakat luas berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan dengan aksi nyata.

Sebagai wujud kolaborasi tersebut, kegiatan ini bekerjasama dengan sejumlah stakeholder dan pihak-pihak yang bergerak dalam aksi lingkungan hidup serta pengolahan dan pengelolaan sampah, di antaranya Yayasan Insan Mulia Sejahtera, Komunitas Ciliwung Muara Bersama, Ibu-Ibu PKK RW 03/03 Kelurahan Tanjung Barat, Komunitas Lingkungan Tjokronesia, dan masyarakat setempat.

Momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN ingin memberikan langkah nyata terjun ke masyarakat dan berkolaborasi dalam transisi energi melalui penanganan sampah. Program ini juga wujud Implementasi prinsip Enviromental, Social and Governance (ESG).

Dalam acara seremonialnya, PLN Pusdiklat memberikan apresiasi Green Ranger untuk Komunitas Ciliwung Bersama dengan penyematan Arm Band. Selain itu, PLN Pusdiklat memberikan Trash Bin 3 Jenis untuk 9 RT yang ada di RW 3, Kelurahan Tanjung Barat, alat-alat kebersihan, Ecobric Furniture, dan Rumah Maggot serta edukasi pengolahan sampah organik dan sampah anorganik sebagai bentuk dukungan keberlanjutan program.

General Manager PLN Pusdiklat, Rio Adrianto, juga mengatakan bahwa, “Kegiatan bersih-bersih ini bukan hanya tanggung jawab individu, tetapi juga tanggung jawab kita bersama. Hal-hal ini bisa dimulai dari yang kecil-kecil, dimulai dari diri sendiri, dan dimulai dari sekarang.”

Aksi nyata yang dilakukan PLN ini dilakukan untuk mengurangi timbunan sampah yang dapat menurunkan kualitas kehidupan masyarakat. Ini juga selaras dengan capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12, yakni konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Dengan semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan, PLN Pusdiklat berharap kegiatan ini dapat terus berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Melalui program Green Employee Involvement, PLN Pusdiklat berkomitmen untuk terus mendorong inisiatif-inisiatif positif yang berkelanjutan, demi mewujudkan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan asri. Dengan demikian, PLN Pusdiklat tidak hanya berkontribusi dalam penyediaan energi listrik yang handal, tetapi juga turut serta dalam menjaga kelestarian bumi untuk generasi mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *