Home / Breaking News / Triwulan I Program Sejuta Rumah Diklaim Capai 164.071 Unit, Ini Rinciannya

Triwulan I Program Sejuta Rumah Diklaim Capai 164.071 Unit, Ini Rinciannya

Program Sejuta Rumah

NASIONAL – Hingga Maret 2021 atau triwulan pertama, Program Sejuta Rumah diklaim sudah mencapai 164.071 unit rumah di seluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan yang menjelaskan, capaian tersebut terdiri dari pembangunan rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 146.766 unit dan rumah non MBR sebanyak 17.035 unit.

BACA JUGA :   Apersi : Insentif PPN di Perpanjang Dan Rumah Inden Masuk Dalam Insentif

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pihaknya akan terus menyampaikan angka capaian Program Sejuta Rumah kepada masyarakat. Langkah ini, kata Khalawi, dilakukan untuk menunjukkan kinerja pemerintah bersama para pemangku kepentingan bidang perumahan dalam menyediakan hunian layak bagi masyarakat.

“Adanya peningkatan jumlah capaian PSR, diperoleh dari penambahan dari kegiatan pembangunan rumah swadaya dan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Kementerian PUPR. Selain itu juga adanya pembangunan peningkatan kualitas rumah oleh pemerintah daerah,” ucap Khalawi dalam keterangan tertulis.

Dalam pelaksanaan Program Sejuta Rumah, pemerintah mentargetkan sebanyak 70 persen pembangunan rumah untuk MBR dan sisanya 30 persen untuk rumah non MBR. Sedangkan capaian pembangunan untuk rumah MBR berasal dari pembangunan yang dilaksanakan pemerintah yakni rumah susun sebanyak 325 unit, rumah swadaya sebanyak 46.415 unit dan DAK 646 unit.

Lebih lanjut dijelaskan Khalawi, pemerintah daerah juga tercatat telah membangun rumah masyarakat melalui peningkatan kualitas rumah sebanyak 1.353 unit. Sementara pengembang perumahan berhasil membangun sebanyak 94.684 unit dan masyarakat membangun sendiri rumah secara swadaya sebanyak 3.343 unit.

BACA JUGA :   Agar Tidak Banjir, Synthesis Homes Gunakan Metode Deep Well Injection

“Pembangunan rumah untuk non MBR berasal dari pembangunan rumah oleh pengembang yakni rumah tapak sebanyak 5.682 unit dan rumah susun sebanyak 2.574 unit. Sedangkan pembangunan rumah non MBR oleh masyarakat sendiri tercatat sebanyak 9.049 unit. Total capaian pembangunan rumah MBR sebanyak 146.766 unit dan rumah non MBR sebanyak 17.309 unit,” terangnya.

Oleh karena itu, sambung Khalawi, dirinya mengapresiasi para pengembang perumahan dan masyarakat, yang juga berperan dalam pembangunan rumah untuk MBR atau rumah bersubsidi maupun rumah komersial. “Bulan lalu capaian PSR sekitar 133.989 unit. Kami optimis angka ini akan terus meningkat seiring dengan pembangunan rumah untuk masyarakat dimana kebutuhannya semakin meningkat,” pungkas Khalawi.

Check Also

Adanya Relaksasi, Penjualan Diprediksi Meningkat Hingga Akhir Tahun

PROPERTI – Berbagai langkah yang dilakukan pemerintah, diharapkan dapat menumbuhkan kembali gairah sektor properti di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 178

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link