Property & Bank

Peduli Kesehatan Mata, Vida Bekasi dan Lions Club Bagikan Kacamata Gratis

vida bekasi
Sebelumnya, pada 30 September 2023 lalu, fellow lions dari klub Fun Urbana memberikan demo cara membuat gado-gado kepada masyarakat di Pasar Alam Vida Bekasi.

Propertynbank.com – Vida Bekasi bekerja sama dengan Komite Vision Lions Club Indonesia Distrik 307 B1,  LCJS Fun Urbana dan Koperasi Savira kembali menggelar kegiatan sosial bagi masyarakat. Kali ini, kegiatan yang dilakukan adalah memberikan edukasi tentang kesehatan mata sekaligu membagikan kacamata gratis.

Sebelumnya, pada tahun 2022-2023 lalu, kegiatan yang diselenggarakan adalah pemeriksaan mata dan pembagian kacamata untuk anak-anak SDN V Mustikajaya. Sementara untuk program pada tahun 2023-2024 ini sasarannya adalah masyarakat setengah baya yang memerlukan kacamata baca.

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi disebutkan, kegiatan dilaksanakan di Arena Sports Center, Vida Bekasi yang berbarengan dengan bakti sosial (baksos) Donor Darah yakni tanggal 30 September 2023 dan 20 Januari 2024. Selain membagikan kacamata baca dengan gratis, dilakukan juga sosialisasi kesehatan mata dan senam mata. Kegiatan ini melibatkan SMEC Eye Health Center yang hadir memberikan pemeriksaan katarak gratis.

Baca Juga : Vida Bekasi Gandeng Lions Club Bagikan Kaca Mata Gratis Untuk SD Pedurenan V 

Dipilihnya yang fokus pada kesehatan mata tentu saja tanpa ada alasan tertentu. Dari data yang ada menyatakan, bahwa Indonesia menduduki ranking negara ke 4 dengan jumlah gangguan penglihatan (visual impairment) terbanyak di dunia. Selain itu, 45% jumlah penduduk global yang mengalami gangguan retina akibat penyakit diabetis melitus berada di Indonesia, Cina, India dan Bangladesh.

“Retinopati diabetes adalah penyebab utama kebutaan pada usia produktif. Kondisi ini diperkirakan penyebab 5 persen dari kebutaan di seluruh dunia dan dirancang sebagai prioritas utama penanganan penyakit mata oleh World Health Organization (WHO),” tulisnya dalam keterangan tersebut.

Lebih lanjut disebutkan, beberapa gangguan mata akibat penggunaan gadget yang berlebihan adalah mata lelah (astenopia) yaitu otot-otot mata yang cepat Lelah dan membuat penglihatan menjadi buram, mata kering (dry eyes), mata juling (strabismus) akibat paparan sinar biru dari layer gadget terlalu intens dan rabun jauh (myopia) karena bola mata menjadi lebih lentur/memanjang.

“Gangguan ini tentunya mempengaruhi produktifitas masyarakat. Jumlah pemakai kacamata di Indonesia naik signifikan setelah pandemi karena penggunaan gadget seperti HP, laptop dan notebook yang meningkat,” ungkapnya.

Vida Bekasi Peduli Kesehatan Mata

Banyak orang yang lupa dan tidak sadar bahwa menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting. Padahal, mata termasuk ke dalam lima indra terpenting dalam tubuh manusia. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata?

Yang pertama adalah menjalankan gaya hidup sehat, olah raga teratur, tidur teratur, dan makan makanan yang bergizi seimbang. Vida Bekasi menyelenggarakan pasar rakyat setiap hari Minggu di mana masyarakat dapat senam pagi bersama, dan olahraga lain seperti latihan memanah, dan jogging di lingkungan Vida Bekasi yang hijau asri. Upayakan ada jeda waktu untuk istirahatkan mata dari penggunaan gadget yang intens,  menikmati udara segar dan pemandangan yang hijau.

Baca Juga : Pasar Anyar, Fasilitas Baru di Vida Bekasi

Asupan makanan sehari-hari ternyata bisa memengaruhi kesehatan mata. Biar indra penglihatan ini selalu sehat, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein. Bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani Vida Bersemi, Vida Bekasi membangun kebon sayur sehat dan membagi sayuran kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kemudian, melakukan pemeriksaan mata secara berkala. Pemeriksaan mata berkala dapat menjadi sebuah tindakan untuk deteksi dini gangguan pengelihatan dan kontrol penyakit. SMEC Pusat Pelayanan Kesehatan Mata menyediakan pemeriksaan mata gratis setiap kegiatan Donor Darah di Vida Bekasi. Bila ada masalah dengan mata, segera kunjungi pusat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Klinik Mata atau Rumah Sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *