Property & Bank

BCA dan LAZISNU Jalin Kerjasama, Mudahkan Nasabah Bayar Donasi dan Zakat

BCA dan LAZISNU
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja memberikan sambutan usai penandatanganan kerjasa BCA dan LAZISNU

Propertynbank.com – PT Bank Central Asia Tbk atau Bank BCA dan LAZISNU melakukan kerjasama guna memberikan kemudahan kepada nasabahnya. Kerjasama dan kemitraan strategis ini dilakukan dengan Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (NU Care-LAZISNU) guna memenuhi kebutuhan nasabah dalam memberikan donasi dan zakat melalui layanan mobile banking. Kerja sama ini adalah wujud komitmen BCA untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang beragam, termasuk dalam berbagi kebaikan kepada sesama.

Seremoni penandatanganan kerja sama BCA dan LAZISNU dihadiri langsung Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf pada Selasa (19/3). Acara ini turut dihadiri oleh Direktur BCA John Kosasih, Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono, Sekretaris Jenderal PBNU K.H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Ketua PBNU K.H. Chairul Saleh Rasyid,  dan Ketua LAZISNU Ali Hasan Al Bahar (Habib Ali). Lewat kolaborasi ini, nasabah dapat dengan mudah berdonasi dan membayar zakat melalui fitur Lifestyle di aplikasi BCA mobile.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyampaikan, sebagai negara kepulauan dari Sabang sampai Merauke dengan penduduk sebanyak 260-270 juta jiwa, dan mayoritas di antaranya adalah Nahdliyin, perlu ada suatu sarana untuk bisa menyumbangkan atau memberikan zakat, infaq, sedekah.

Baca Juga : BCA Dinobatkan Sebagai Brand Perbankan Terkuat Dari 500 Bank di Dunia

“Dengan kerja sama BCA dan LAZISNU ini, Nahdliyin kini bisa melakukan pembayaran zakat, infaq, dan sedekah kapan saja dan di mana saja, hanya dengan mengakses fitur Lifestyle di BCA mobile. Saya juga meyakini zakat, infaq, dan sedekah yang dikelola oleh LAZISNU akan disalurkan secara tepat sasaran, sehingga membantu banyak masyarakat yang membutuhkan,” ujar Jahja dalam keterangan tertulis.

BCA dan LAZISNU Konsisten Berinovasi

Kerja sama antara BCA dan LAZISNU, lembaga nirlaba milik Nahdlatul Ulama (NU) ini juga mencerminkan konsistensi keduanya dalam berinovasi di era digital saat ini, termasuk untuk mempermudah kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kewajiban beramal kepada sesama. Terlebih, saat ini mayoritas penduduk Indonesia merupakan generasi milenial dan gen-Z, yaitu generasi muda yang digital savvy.

Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf atau kerap disapa Gus Yahya menyambut baik kerja sama BCA dan LAZISNU ini. “Terima kasih kepada BCA, Pak Jahja, dan jajaran pimpinan atas kerja samanya selama ini. Kita melihat kerja sama BCA dengan LAZISNU ini merupakan salah satu yang paling progresif. Terbukti dengan apa yang hendak kita luncurkan hari ini, yaitu diintegrasikannya atau diadopsinya fitur layanan zakat, infaq, dan sedekah LAZISNU ke dalam platform digital BCA. Saya kira ini penting karena merupakan kerja sama yang sungguh-sungguh bersifat sistematis dan struktural,” jelas Gus Yahya.

Baca Juga : KPR Target Tumbuh 11%, BCA Berupaya Tak Naikkan Suku Bunga

Sebagai informasi, inovasi pembayaran zakat, infaq, dan sedekah secara digital ini merupakan bagian dari kesepakatan kerja sama BCA dan PBNU yang telah diteken pada Mei 2023 lalu. Tujuan kesepakatan kerja sama tersebut adalah menyelenggarakan pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan, sosial, lingkungan, dan ekonomi, hingga pemberian jasa layanan keuangan.

Sebelumnya, BCA berkolaborasi dengan PBNU telah menyelenggarakan sejumlah program, seperti penyediaan perlengkapan ibadah kepada masyarakat, Al-Qur’an dalam bentuk braille untuk difabel, bantuan alat kesehatan kepada Rumah Sakit Hasyim Asy’ari Jombang dan Rumah Sakit Islam Arafah Rembang, hingga santunan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Saya mewakili BCA, mengucapkan terima kasih dari lubuk hati yang terdalam atas kerja sama yang BCA dan PBNU kerjakan selama ini. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa terus kita kembangkan ke depan, bersama-sama kita bisa melayani masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” tutup Jahja Setiaatmadja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *