Home / Bahan Bangunan / Bukukan Laba Bersih Rp 323,01 Miliar, Arwana Resmikan Dua Pabrik Baru

Bukukan Laba Bersih Rp 323,01 Miliar, Arwana Resmikan Dua Pabrik Baru

Produk Arwana Ceramics

BAHAN BANGUNANPT  Arwana  Citramulia  Tbk membukukan laba bersih Rp323,01 miliar dari hasil   penjualan   yang   mencapai   Rp2,21   triliun.   Pencapaian   laba   bersih   sangat menggembirakan,  naik  hingga  49,87  persen year-on-year,  sementara  penjualan  naik  2,79  persen year-on-year.

Pencapaian tersebut disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2020, di  pabrik  Plant  II,  Serang,  Banten  dengan  penerapan  protokol kesehatan COVID-19 yang  sangat  ketat,  termasuk  persyaratan  hasil  tes  negatif  dua  lapis sebelum diperbolehkan memasuki ruang rapat dengan jumlah  pemegang  saham  yang  hadir  langsung  dibatasi.

BACA JUGA :   Bersih-bersih Kota Jakarta Ala Avian Brands

Hasil laba bersih PT Arwana Citramulia Tbk ini dapat dicapai berkat margin yang meningkat dari 10,02 persen menjadi 14,6 persen, ditopang antara lain oleh pemakaian bahan baku dan energi yang lebih efisien, strategi product  mix yang  mampu  memperbaiki  harga  jual  rata-rata,  peningkatan  jumlah pelanggan, serta kebijakan penurunan harga gas bagi industri keramik dari pemerintah. Per unit produksinya, pemakaian glaze tercatat turun 3,34 persen, pemakaian gas turun 6,45 persen. Sementara jumlah pelanggan pada tahun 2020 naik 10,84 persen dibandingkan tahun 2019.

Pada tahun buku 2020 juga, PT Arwana Citramulia Tbk mencatatkan rekor volume penjualan bulanan tertinggisepanjang sejarah perusahaan, yaitu pada bulan Oktober dengan hasil 5,56 juta meter persegi. Rekor-rekor penjualan bulanan lain juga mampu dicatat pada tahun itu. Hasil-hasil tersebut sangat menggembirakan, karena justru bisa dicatat pada masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan di mana tingkat utilisasi industri keramik hanya mencapai 56 persen dari kapasitas produksi.

BACA JUGA :   Deklarasi PI, Fokus Bangun Rumah MBR

Dividen tunai Rp30,00  per  lembar  saham akan  dibagikan dengan total nilai mencapai Rp217,67  miliar,  atau  sekitar  67  persen  dari  total  laba  bersih  yang  diraih,  sebagai  wujud komitmen  untuk  memberikan  imbal  hasil  yang  baik  atas  investasi  yang  dipercayakan para pemegang saham.

PT Arwana Citramulia Tbk juga telah menyelesaikan pembangunan pabrik Plant 5B di Mojokerto, Jawa Timur. Pabrik baru dengan mesin-mesin termutakhir ini akan memproduksi lini produk baru glazed porcelain tile dengan kapasitas terpasang 3 juta meter persegi per tahun. Produk dari pabrik ini akan diluncurkan dengan brandbaru “ARNA”.

BACA JUGA :   Mitra Dulux Dapat Sertifkasi Kompetensi Kerja Konstruksi Dari LPJK Nasional

“Dengan kehadiran Plant 5B ini, untuk tahun 2021, PT Arwana Citramulia Tbk menargetkan pertumbuhan  volume  penjualan  sebesar  10 persen, dan pertumbuhan  laba  bersih  menjadi Rp420 miliar,” ujar Chief Operating Officer PT Arwana Citramulia Tbk, Edy Suyanto.

Jajaran  direksi  dan  komisaris  perusahaan  meresmikan  penyelesaiannya  dengan  seremoni penyalaan mesin kiln pada tanggal 22 Februari 2021, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-28 PT Arwana Citramulia Tbk.

BACA JUGA :   Indocement Produksi Terbaru Slag Cement

Sedangkan   pada   tanggal   4   Maret   2021,   Panglima   TNI   Marsekal   TNI   Hadi   Tjahjanto meresmikan  Plant  4B  di  Ogan  Ilir,  Sumatera  Selatan.  Meski tahun  lalu sudah  beroperasi, peresmiannya baru dapat terlaksana tahun ini karena pandemi.

“PT  Arwana  Citramulia  Tbk  juga berancang-ancang melanjutkan  ekspansi.  Pabrik  baru rencananya  akan  dibangun  dalam waktu dua  tahun  ke  depan  untuk  meningkatkan  total kapasitas terpasang perusahaan hingga mencapai 71 juta meter persegi per tahun,” ujar Edy yang juga Ketua Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI).

Check Also

Bukukan Laba Bersih Ciputra Development Bagi Dividen Rp157,5 Miliar

PROPERTI : Perusahaan properti PT. Ciputra Development Tbk, Kamis 29 Juli 2021, melakukan Rapat Umum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 180

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link