Home / Indeks Berita / Dibangun 15 Unit Rumah Khusus Bagi Penyandang Disabilitas DI Kalsel

Dibangun 15 Unit Rumah Khusus Bagi Penyandang Disabilitas DI Kalsel

Rumah Khusus Bagi Penyandang Disabilitas DI Kalimantan Selatan

SEKITAR KITA – Penyandang disabilitas di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan sudah bisa memanfaatkan 15 unit rumah khusus yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebanyak 15 rumah khusus (rusus) tersebut dibangun dengan tipe 28 tersebut dan menggunakan dana APBN senilai Rp 2,13 Milyar. Direktur Rumah Khusus Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Yusniewati mengatakan, Rumah Khusus  itu dibangun oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan dan diperuntukan bagi kaum penyandang disabilitas tunanetra.

BACA JUGA :   Ingin Punya Rumah, Beli Atau Bangun Sendiri?

“Anggaran pembangunan 15 unit rumah dengan tipe  28 tersebut menggunakan anggaran APBN Tahun Anggaran 2020 dengan nilai Rp 2,13 Milyar dengan Kontraktor Pelaksana PT. Tapak Langkah Mandiri, dan Konsultan Supervisi CV. Indisign Consolindo,” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu.

Sebagai rumah khusus difabel, rumah ini memiliki spesifikasi yang sangat baik. Jaringan  listrik, Prasarana Sarana Utilitas (PSU) , dan sarana air bersih PDAM serta Guiding Block  atau Garis Kuning untuk petunjuk jalan bagi kaum tunanetra juga telah disediakan dengan baik.Berikutnya, kata Yusniewati, pihaknya juga berencana membangun Rumah Khusus Difabel di jalan Trikora Kelurahan Guntung Manggis Kota Banjarbaru sebanyak 13 unit.

BACA JUGA :   Selesai Dibangun, Flyover Martadinata Simpang Gaplek Tangsel

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Drs H Said Abdullah mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangunkan rumah khusus untuk penyandang disabilitas ini. Dirinya berjanji akan memelihara perumahan ini agar tetap terlihat bagus dan nyaman untuk ditempati. Rumah khusus ini akan segera ditempati bagi para tunanetra yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Banjarbaru dan terdaftar di anggota Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni).

“Saat ini banyak penyandang difabel yang telah mengajukan permintaan untuk tinggal di rumah khusus difabel ini karena disini mereka lebih mudah bergaul, nyaman dan merasa lebih dihargai. Kami juga akan memobilisasi mereka untuk segera ditempati rumah khusus difabel ini pada akhir pekan ini,” tuturnya.

Check Also

Bukukan Laba Bersih Ciputra Development Bagi Dividen Rp157,5 Miliar

PROPERTI : Perusahaan properti PT. Ciputra Development Tbk, Kamis 29 Juli 2021, melakukan Rapat Umum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 180

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link