Ini Kegiatan Hapernas 2021 Oleh PPDPP

0
Poto Hapernas 2021

PROPERTIHari Perumahan Nasional Tahun 2021 diisi dengan berbagai kegiatan terkait perumahan dan permukiman.

Selain menyelenggarakan berbagai lomba yang menarik masyarakat untuk berpartisipasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) kembali menyelenggarakan Pameran Rumah Bersubsidi secara Virtual. Ini kali keduanya pameran digital tersebut diselenggarakan, setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di pada tahun 2020.

Pameran Rumah Bersubsidi dengan tema akan diselenggarakan selama 12 hari, mulai tanggal 20 Agustus 2021 hingga 31 Agustus mendatang dengan menghadirkan 400 pengembang perumahan dan 40 bank pelaksana dalam pameran tersebut.

Adapun bank yang berpartisipasi antara lain BTN dan BTN Syariah, BNI, BRI, Syariah Indonesia, Mandiri, BRI Agro, Bank Artha Graha, BJB, BPD Sumselbabel, BPD Sumselbabel Syariah, BPD NTB Syariah, BPD Jatim, BPD Jatim Syariah, BPD Sumut, BPD Sumut Syariah, BPD NTT, BPD Kalbar, BPD Kalbar Syariah, BPD Nagari, BPD Nagari Syariah, BPD Aceh Syariah, BPD Riau Kepri, BPD Riau Kepri Syariah, BPD Jambi, BPD Jambi Syariah, BPD DIY, BPD Kalsel, BPD Kalsel Syariah, BPD Sulselbar, BPD Sulselbar Syariah, BPD Jateng, BPD Jateng Syariah, BPD Sulteng, BPD Kaltimtara, BPD Kalteng, BPD Papua, BPD SulutGo, BJB Syariah dan BPD DKI. Masing-masing bank tersebut membawa 10 pengembang perumahan binaannya.

Dengan menggunakan fitur teknologi, para pengunjung dapat menikmati suasana pameran layaknya sedang dalam suasana pameran, dan dapat melakukan interaksi tanya jawab mencari informasi secara langsung dengan para pengembang dan bank pelaksana. Dengan begitu masyarakat dapat berkonsultasi secara langsung dan melakukan proses bisnis dalam pameran, meskipun hanya di rumah saja dan dalam kondisi apapun.

Masyarakat dapat mengunjungi pameran rumah bersubsidi tersebut secara gratis melalui tautan http://www.hapernas2021.com. Di tanggal 25 Agustus 2021, Pameran ini akan menggelar acara akad kredit massal dengan target 13.000 calon debitur yang tersebar di 34 provinsi. Sedangkan selama pameran berlangsung 12 hari, Kementerian PUPR menargetkan sebanyak 2.021 pengunjung.

Bahas Isu Perumahan Melalui Webinar
Selain pameran virtual, Kementerian PUPR melalui PPDPP juga menyelenggarakan Webinar sesuai dengan tema HAPERNAS 2021 “Geliat Pemenuhan Rumah MBR Dalam Pemulihan Ekonomi” pada tanggal 20 Agustus 2021. Webinar tersebut terbagi menjadi dua sesi, yaitu “Padat Karya di Bidang Perumahan” dan “Pembiayaan Perumahan” dengan keynote speaker Dirjen Perumahan Kementerian PUPR dan Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR.

Adapun narasumber yang hadir dalam Sesi Padat Karya di Bidang Perumahan antara lain Direktur Perumahan dan Permukiman BAPPENAS RI (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia), Direktur Rumah Swadaya Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah, dan INDEF (Institute for Development of Economics and Finance).

Sedangkan narasumber dalam Sesi Pembiayaan Perumahan akan menghadirkan Direktur Pengembangan Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Direktur Keuangan PPDPP, Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi BP TAPERA (Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat), dan Direktur Peraturan Perpajakan I Ditjen Pajak Kementerian Keuangan. Webinar Sesi kedua ini juga menghadirkan penanggap yaitu Direktur Pemasaran Perum Perumnas dan Pengamat Perumahan.

Selain diskusi, webinar ini akan menyajikan segmentasi Apa Kata Netizen, yang berupa komentar para warga Instagram melalui @kprserjahteraflpp dan Jajak Pendapat yang menyertakan para peserta webinar. Untuk meramaikan suasana, webinar ini akan menghadirkan komedian tunggal (KOMIKA) Mamat Alkatiri yang akan me-roasting terkait program perumahan. Panitia pun membuka kesempatan bagi para peserta webinar untuk mengajukan tanggapan atau pertanyaan, dengan doorprize bagi para peserta beruntung dan e-sertifikat apabila mengikuti rangkaian acara ini. Untuk mengikuti webinar tersebut, masyarakat dapat mendaftarkan diri secara gratis melalui tautan bit.ly/PendaftaranWebinarHapernas2021.

PPDPP merupakan unit organisasi non eselon di Kementerian PUPR yang bertugas untuk mengelola dan menyalurkan dana bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Tercatat per 18 Agustus 2021, realisasi penyaluran FLPP tahun 2021 telah mencapai Rp12,73 Triliun untuk 116.705 unit rumah, atau 74,10% dari target penyaluran tahun 2021. Sehingga total penyaluran FLPP sejak tahun 2010 hingga 18 Agustus 2021 telah mencapai Rp68,32 Triliun untuk 881.560 unit rumah.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 181

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link