Friday , October 30 2020
Home / Indeks Berita / KSPN Danau Toba Terus Ditata Menjadi Destinasi Wisata Unggulan Tanah Air

KSPN Danau Toba Terus Ditata Menjadi Destinasi Wisata Unggulan Tanah Air

Danau Toba
Danau Toba, salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas

UMUM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembangunan infrastruktur pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara sebagai destinasi wisata unggulan. Dukungan Kementerian PUPR di antaranya Pembangunan Jalan Lingkar Samosir, Jembatan Tano Ponggol, Revitalisasi Danau Toba, Instalasi Pengolahan Air, Sanitasi, dan Penataan Kawasan Tepi Danau Toba.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pada tahun 2020 telah mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur untuk pengembangan KSPN Danau Toba sebesar Rp 1,33 triliun.

BACA JUGA :   Dinilai Potensial, Korporasi Asal Malaysia Incar Saham Bandara Kertajati

“Kementerian PUPR sudah menyusun Program Pengembangan KSPN Danau Toba. Program tersebut merupakan program terpadu dari seluruh sektor yang sudah kita survei, termasuk kawasan Kaldera, untuk menarik investor  kita akan programkan pembangunan jalan untuk mengubah wajah kawasan Danau Toba menjadi lebih tertata,” kata Menteri Basuki.

Pada TA 2020 di bidang permukiman Kementerian PUPR mulai Penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir. Kedua desa ini dikenal sebagai desa wisata yang kerap disambangi wisatawan. Selain sebagai pusat tenun, di kawasan Huta Raja juga masih terdapat Rumah Adat Batak Samosir atau Rumah Gorga.

BACA JUGA :   Program Padat Karya Bedah Rumah Capai 52.5% Senilai Rp 2,46 Triliun

Saat ini pekerjaan yang tengah berjalan  di antaranya Pengembangan Kawasan Tano Ponggol. Pengembangan kawasan ini meliputi Pelebaran alur Tano Ponggol dari 25 m menjadi 80 m, pembangunan Jembatan Tano Ponggol sepanjang 450 m yang menghubungkan daratan Sumatera dan Pulau Samosir, dan Penataan Kawasan Tepi Danau. Pelebaran alur ini ditujukan untuk membuka akses kapal wisata yg lebih besar agar dapat mengelilingi Danau Toba.

Check Also

IKEA

Dalam Satu Tahun, IKEA Food Mampu Kurangi 31% Limbah Makanan

SEKITAR KITA – Permasalahan sampah makanan sudah menjadi isu global yang patut diperhatikan dalam beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link