Property & Bank

Gandeng Dua Perusahaan Internasional, Mustika Land Kembangkan Mustika Garden Tamansari Seluas 20 Ha

Mustika Garden Tamansari
Mustika Land, Scientex Berhad, dan Creed Group sepakat kembangkan Mustika Garden Tamansari, Bekasi

Propertynbank.com – Perusahaan pengembang properti nasional, Mustika Land Group Indonesia bersama Scientex Berhad, pengembang properti asal Malaysia, dan Creed Group, perusahaan investasi real estat asal Jepang bersepakat mengembangkan kawasan perumahan Mustika Garden Tamansari, di Bekasi.

Perjanjian kerjasama ketiga perusahaan tersebut dilakukan hari ini, Selasa (21/3/2023) di Fairmont Hotel, Jakarta. Rencananya, untuk tahap pertama, ketiga perusahaan tersebut akan memulai pengembangan proyek perumahan yang terdiri rumah tapak dan sejumlah unit ruko-ruko untuk kawasan komersial.

CEO dari Mustika Land, David Sudjana mengatakan, dari kerjasama ini akan dibangun rumah yang membidik segmen menengah, dengan harga terjangkau atau affordable landed house. Pengembangan dilakukan dalam waktu 3-4 tahun ke depan. Melalui kerjasama ini, kata dia, akan terwujud misi bersama untuk menyediakan hunian terjangkau bagi pasar Indonesia dan Asia Tenggara.

Menurut David, kerjasama ketiga perusahan ini merupakan gabungan pengetahuan dan keahlian pasar lokal dari Mustika Land Group, pengalaman pengembangan properti dan teknologi konstruksi dari Scientex Berhad, serta keahlian investasi dan branding real estat dari Creed Group.

Baca Juga : Tingkatkan Penjualan, Mustika Land Manfaatkan PASTI

”Melalui kerjasama ini, kami bertujuan untuk mengembangkan perumahan berkualitas tinggi dan terjangkau yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan menciptakan nilai yang signifikan bagi konsumen dan stakeholder kami di Bekasi, Indonesia,” jelas David di sela-sela penandatanganan kerjasama kepada sejumlah media.

Bergabungnya perusahaan asal Malaysia dan Jepang tersebut dengan Mustika Land tentu bukan tanpa alasan. Bagi Creed Group, Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan penduduk dan urbanisasi yang cepat. Sementara pasokan tidak dapat mengikuti permintaan perumahan, dan harga perumahan melonjak tinggi, sehingga kekurangan perumahan menjadi masalah.

“Dalam kondisi ini, menyediakan perumahan yang terjangkau dapat membantu memenuhi permintaan dan menjaga harga perumahan tetap terjangkau. Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan yang kuat dalam pengembangan perumahan yang terjangkau, dan terdapat potensi permintaan perumahan yang besar di Indonesia yang ingin dimanfaatkan oleh para mitra,” jelas David.

Sementara Scientex Berhad, kata David, juga melihat adanya potensi pasar properti yang besar di tanah air. Scientex menilai, properti yang akan dibangun di wilayah Bekasi tersebut juga akan terserap di pasar dengan baik lantaran permintaannya tinggi. Scientex akan membawah pengalaman dan teknologi dari Malaysia dengan harapan dapat mengaplikasikan hunian terjangkau namun berkualitas di Indonesia, sehingga akan menjadi impian masyarakat menengah di Indonesia.

Baca Juga : Mustika Land Tunjuk Lamudi Jadi Mitra Pemasaran

“Kami mengestimasi bahwa Gross Development Value untuk kerjasama tahap pertama ini sebesar Rp250 miliar. Mustika Garden Tamansari menargetkan keluarga muda dengan harga mulai Rp500 juta hingga Rp1 miliar. Proyek ini dikembangkan di atas lahan seluas 20 hektar yang nantinya juga akan dilengkapi dengan beragam fasilitas bagi para penghuni, termasuk area komersial berupa ruko. Untuk tahap pertama akan dikembangkan seluas 5 hektar,” ungkap David.

Lokasi Mustika Garden Tamansari

Mustika Garden Tamansari, sambung David, berada di lokasi sangat strategis, hanya berjarak 8 menit menuju Gerbang Tol Setu Selatan dari ruas Jalan Tol Cimanggis – Cibitung. Selain itu, kawasan perumahan ini dikelilingi oleh beragam fasilitas yang lengkap, seperti sekolah, rumah sakit, pasar dan pusat belanja.

Sementara desain huniannya mengusung konsep smart project, active living, dan fasilitas yang eco friendly. Bukan hanya harganya terjangkau, kata David, Mustika Garden Tamansari juga bisa menjadi pilihan yang sangat menarik bagi keluarga muda karena adanya kemudahan cicilan KPR yang dimulai hanya Rp4 jutaan.

Dijelaskan David, keluarga muda yang menjadi target market proyek ini juga akan menikmati taman hijau yang indah, danau tematik, fasilitas olah raga, tempat bermain anak dan clubhouse untuk komunitas penghuni. Sedangkan untuk kenyamanan penghuninya, perumahan menerapkan sistem cluster serta area komersial untuk mendukung kebutuhan sehari-hari penghuni perumahan. Pengembang akan melengkapi area komersial dengan ruko sebanyak 24 unit, yang dijual dengan harga masih di bawah Rp1 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *