Property & Bank

Pengertian dan 8 Manfaat Simulasi KPR

simulasi kpr
Ilustrasi, poto : Shutterstock

Propertynbank.com – Untuk memiliki rumah tentunya menjadi dambaan setiap orang. Namun harga rumah yang mahal, membuat tidak semua orang bisa memiliki rumah idaman. Namun, beberapa perusahaan pembiayaan memberikan kemudahan untuk mengajukan permohonan.

Salah satu yang telah dikenal masyarakat adalah istilah Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Bagi beberapa orang KPR merupakan salah satu solusi untuk memiliki rumah impian. Namun, sebelum kamu mengajukan KPR, maka alangkah baiknya kamu menghitung cicilan yang akan dibebankan tiap bulannya.

Untuk mengetahui hal tersebut kamu bisa menggunakan simulasi KPR atau juga dikenal dengan kalkulator KPR. Dimana sistem akan menghitung berapa biaya yang harus kamu keluarkan tiap bulan sehingga tidak memberatkan dimasa depan.

Namun sebelum membahas tentang simulasi KPR, maka kamu harus tahu pengertian dari KPR itu sendiri.

Apa Itu KPR?

KPR atau Kredit perumahan Rumah adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada nasabah perorangan untuk membeli atau memperbaiki rumah. Dengan kata lain, KPR memungkinkan kamu untuk mencicil rumah dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian yang ditetapkan.

Baca Juga : Pinhome Ungkap Rumah Harga Rp 600 Juta-an Paling Banyak Di Cari Konsumen

Pada awalnya, KPR merupakan produk kredit perumahan yang dikembangkan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) pada tahun 1976. Namun, saat ini sudah banyak bank yang menawarkan KPR, baik bank BUMN, bank swasta nasional, maupun bank asing, bahkan perusahaan pembiayaan lainnya.

Seperti Pinhome yang juga memiliki program KPR, dimana kamu bisa mengajukan permohonan KPR dengan proses yang cepat dan mudah, tidak seperti di perbankan yang memiliki proses yang cenderung lebih lama.

Jenis-Jenis KPR Rumah

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa KPR memiliki dua jenis. Nah agar kamu bisa memiliki rumah impian tetapi finansial yang tidak terlalu besar, maka kamu bisa mengajukan pinjaman KPR subsidi, sehingga tidak terlalu memberatkan pemohon.

Tapi sayangnya jenis KPR subsidi biasanya memiliki kuota yang ditentukan oleh pemerintah, sehingga tidak setiap orang bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. Namun jika tidak ada KPR subsidi maka kamu bisa mengajukan pinjaman KPR Non Subsidi.

1. KPR Subsidi

KPR Subsidi adalah kredit yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah untuk memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki. Kredit subsidi ini berupa bantuan berupa subsidi meringankan kredit dan subsidi menambah dana pembangunan atau perbaikan rumah.

Namun, tidak semua masyarakat dapat memperoleh fasilitas ini karena adanya batasan yang ditetapkan oleh pemerintah, seperti batasan penghasilan pemohon dan maksimum kredit yang diberikan.

2. KPR Nonsubsidi

KPR Nonsubsidi adalah KPR yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat. Ketentuan KPR ini ditetapkan oleh bank, sehingga besarnya kredit dan suku bunga yang ditawarkan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank.

Manfaat Simulasi KPR

Sebelum mengajukan KPR, sebaiknya kamu melakukan simulasi KPR atau kalkulator KPR terlebih dahulu. Simulasi KPR merupakan langkah penting untuk memperkirakan jumlah pengeluaran yang akan kamu keluarkan, seperti uang muka, angsuran per bulan, dan biaya-biaya lainnya.

Berikut beberapa manfaat simulasi KPR yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Memahami kemampuan finansial

Pertimbangan pertama saat mendaftar pinjaman sebenarnya adalah kemampuan membayar tanggal jatuh tempo cicilan bulanan. Berkat simulasi KPR BTN, calon peminjam bisa mengetahui jumlah hari pembayaran bulanan.

Dari sana, seseorang dapat memeriksa apakah pembayaran mereka sesuai kemampuan finansial mereka. Hal ini penting agar kamu  tidak mengalami masalah pembayaran di kemudian hari. Selain itu, simulasi ini juga dapat membantu calon peminjam untuk menentukan waktu yang tepat.

Baca Juga : Pinhome dan Nafas Rilis Riset Kualitas Udara di Jabodetabek

Misalnya dengan memilih jangka waktu yang lebih panjang maka pembayaran bulanannya bisa lebih rendah. Namun, perlu diingat bahwa jangka waktu yang lebih panjang dapat mengakibatkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi.

2. Hindari beban cicilan yang berlebihan

Dengan membuat simulasi maka kamu dapat menghitung biaya pendapatan dan berapa biaya cicilan setiap bulannya. Dengan simulasi ini, seseorang dapat terhindar dari memilih rumah yang mahal dan menambah beban pembayaran.

Hal ini sebenarnya sangat penting untuk menghindari risiko gagal bayar. Selain itu, dengan mengetahui cara menginvestasikan uang melalui simulasi, seseorang dapat mengelola uangnya dengan baik. Misalnya, seseorang dapat memilih untuk menghemat uang untuk banyak pengeluaran lainnya.

3. Mengatur uang muka

Salah satu syarat pengajuan KPR adalah adanya uang jaminan (DP). Dengan adanya simulasi KPR BTN, masyarakat dapat menentukan besaran santunan yang harus disiapkan. Dengan cara ini, peminjam dapat merencanakan pengumpulan uang muka mereka dengan lebih baik.

Simulasi tersebut juga dapat memberikan gambaran berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan DP. Hal ini sangat berguna agar peminjam tidak terburu-buru dan dapat menagih simpanannya dengan baik.

4. Mendapatkan penjelasan mengenai suku bunga

Tingkat bunga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mencari pinjaman. Dengan simulasi KPR BTN, maka kamu bisa mendapatkan gambaran berapa bunga yang akan kamu  bayarkan setiap bulannya.

Hal ini membantu calon peminjam ketika mempertimbangkan pilihan KPR. Selain itu, dengan memahami tingkat suku bunga, peminjam dapat memanfaatkan penawaran dari bank lain. Dengan cara ini, kamu dapat memilih hadiah terbaik untuk kebutuhan dan kekuatan finansial.

5. Bertindak cepat

Dengan melakukan simulasi dan mengetahui detail terkait KPR, proses pengajuan kredit bisa lebih cepat. Padahal, mereka yang mampu memahami apa yang penting dan apa yang diharapkan dari pengajuan kredit tersebut.

Baca Juga : Kembangkan Industri Properti Digital, Ini 3 Program Andalan Pinhome

Menggunakan simulasi KPR BTN sebelum mengajukan kredit sangatlah penting. Hal ini tidak hanya membantu peminjam memahami kemampuan keuangan mereka tetapi juga membantu mereka merencanakan dan mempersiapkan semua kebutuhan yang terkait dengan pengajuan pinjaman.

6. Memperkirakan Angsuran Bulanan

Dengan melakukan simulasi KPR, Anda dapat memperkirakan besaran angsuran bulanan yang harus kamu bayarkan. Hal ini akan membantu kamu dalam mengatur keuangan pribadi serta memastikan bahwa kamu mampu membayar angsuran secara rutin.

Memilih Produk KPR yang Tepat: Melalui simulasi KPR, maka kamu  dapat membandingkan produk KPR yang ditawarkan oleh berbagai bank. Kamu juga  dapat mempertimbangkan suku bunga, tenor cicilan, dan biaya-biaya lainnya sebelum memutuskan bank mana yang akan kamu  pilih.

7. Menghitung Total Pengeluaran

Simulasi KPR juga membantu kamu  menghitung total pengeluaran selama masa KPR, termasuk biaya administrasi, asuransi, dan biaya-biaya lainnya. Dengan mengetahui total pengeluaran secara keseluruhan, maka kamu dapat mempersiapkan keuangan dengan lebih baik.

8. Mendapatkan Informasi Lebih Lengkap

Melalui simulasi KPR, maka kamu  juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai persyaratan dan ketentuan KPR, seperti dokumen yang dibutuhkan, suku bunga yang ditawarkan, dan batasan-batasan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *