Home / Indeks Berita / PUPR dan Parekraf Berkolaborasi di Lima Destinasi Wisata Prioritas

PUPR dan Parekraf Berkolaborasi di Lima Destinasi Wisata Prioritas

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kanan) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (kiri),

NASIONAL – Guna mensinergikan program pengembangan 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)/Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Rabu (20/1/2021).

Lima Destinasti Pariwisata Super Prioritas tersebut meliputi Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, dan Manado-Bitung-Likupang. Basuki mengatakan kolaborasi ini bertujuan mendukung produktivitas sektor pariwisata, khususnya pasca Pandemi COVID-19. Dukungan infrastruktur pada 5 KSPN/DPSP tersebut, ujar dia, akan selesai pada pertengahan 2021.

BACA JUGA :   Rayakan HUT, IKEA Gandeng Masker Untuk Indonesia Donasikan 10.800 Masker

“Sebetulnya harus selesai Desember 2020 kemarin, tetapi karena adanya rescoping untuk penanganan pandemi COVID-19, kita akan selesaikan pertengahan tahun ini (2021), mulai Labuan Bajo, Danau Toba, Likupang, Borobudur, dan Mandalika,” kata Menteri Basuki dalam keterangannya.

Dikatakan Basuki, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,96 triliun untuk pembangunan infrastruktur di 5 KSPN/DPSP tersebut yang dilaksanakan sejak 2019 hingga 2021 dengan riancian TA 2019 sebesar Rp1,65 triliun, TA 2020 sebesar Rp 3,70 triliun, dan TA 2021 sebesar Rp 2,60 triliun.

BACA JUGA :   Garap Gurihnya Bisnis Properti, Ini Deretan Proyeknya Pertamina 

Sepanjang tahun 2020, Kementerian PUPR telah melaksanakan 185 paket pekerjaan infrastruktur meliputi peningkatan konektivitas seperti penanganan jalan dan jembatan. Kemudian bidang sumber daya air seperti pembangunan tampungan air dan infrastruktur pengendali banjir, bidang permukiman diantaranya penataan kawasan dan peningkatan kapasitas tempat pembuangan sampah, dan bidang perumahan meliputi peningkatan sarana hunian mendukung pariwisata atau sarhunta (sarana hunian pariwisata).

Sebagian besar telah selesai 100% dan sisanya rata-rata mencapai 90% akan dituntaskan pada pertengahan tahun ini. Menurut Basuki, pekerjaan yang telah selesai diantaranya pembangunan Jalan Lingkar Siborong Borong sepanjang 2 Km untuk mendukung konektivitas KSPN/DPSP Danau Toba, pembangunan Gerbang Klangon di Kabupaten Kulon Progo mendukung KSPN/DPSP Borobudur, dan sarhunta di 5 KSPN/DPSP.

BACA JUGA :   Teknologi Lapisan Ferosemen Agar Rumah Program BSPS Layak Huni

Sementara untuk mendukung rencana pelaksanaan MotoGP di Mandalika pada 2021, Kementerian PUPR terus memantau perkembanganan pembangunan sirkuit, termasuk akses pendukungnya seperti jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika. “Sirkuitnya dibangun oleh PT PP, infrastruktur termasuk akses Bandara ke Mandalika akan selesai semua di Juli,” tutur Basuki.

Sandiaga Uno menambahkan, kolaborasi dengan Kementerian PUPR akan terus ditingkatkan untuk mendukung pengembangan 5 KSPN/DPSP sehingga dapat memperkuat daya tarik wisatawan. “Saya sudah laporkan all on progress, all on the track termasuk yang Moto GP. Memang kelihatannya banyak yang harus dikerjakan, tetapi karena saya pengalaman membangun infrastruktur,” ujarnya.

Check Also

Pembeli Unit Tower Pertama Apartemen Mkostel Serang, Segera Serah Terima

Progres pembangunan Tower A2 M’Kostel, tampak pemasangan Bekisting Tower A2 yang sudah hampir selesai PROPERTI …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 180

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link