Property & Bank

Tetap Eksis Selama 53 Tahun, Sanyo Jeli Lihat Kebutuhan Pasar 

Sanyo
Sales Manager Sanyo, Alvin Iskandar Ghazali (kiri) menerima penghargaan Top Brand

Propertynbank.com – Telah puluhan tahun, Sanyo berhasil menjadi top of mind di masyarakat dengan produk pompa airnya. Strategi yang dilakukan ialah terus berinovasi baik produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pasar menjadi kunci kesuksesannya.

Jika bicara tentang kontribusi kepada masyarakat Indonesia, kiprah Sanyo terbilang sangat besar. Pasalnya, produk-produk yang dihadirkan selalu mendapat tempat di hati keluarga Indonesia. Produk ini menjadi sebuah produk yang sangat vital dan penting dalam kehidupan, guna menghadirkan dan mendistribusikan air di rumah masyarakat.

Bila tidak ada merek fenomenal ini, mungkin masyarakat akan kesulitan untuk mendapat air yang layak digunakan dan konsumsi. Peran penting ini sukses dipertahankannya, mulai dari awal kemunculan hingga sekarang. Bukan waktu yang singkat, total terhitung sudah 53 tahun Sanyo eksis dan hadir melayani masyarakat Indonesia.

Sebagai merek yang selalu menjaga eksistensinya sejak puluhan tahun silam, Sanyo sudah mengantongi segudang prestasi dan penghargaan. Salah satu penghargaan yang pernah diraih adalah Top Brand Award. “Penghargaan ini kami peroleh tiap tahun dan selalu dipertahankan selama 11 tahun berturut-turut sejak 2011 hingga 2022,” jelas Sales Manager Sanyo, Alvin Iskandar Ghazali.

Sanyo Kuasai Pasar Indonesia

Dikatakan Alvin Iskandar Ghazali, pasar di Indonesia yang sangat potensial sudah hampir dikuasai oleh Sanyo. Cakupan wilayahnya, hampir merata tersebar dari ujung barat hingga timur Indonesia. Untuk distribusi, kata dia, produk ini telah tersedia di berbagai toko yang menjual pompa air bagi di toko tradisional maupun modern.

Sedangkan untuk mengawasi dan memonitoring luasnya cakupan pasar tersebut, sambung Alvin, pihaknya memiliki strategi dengan membuka kantor cabang di wilayah barat Indonesia (Jawa, Bali dan Sumatera). Untuk wilayah timur Indonesia seperti di Sulawesi Utara dan Selatan, Kalimantan, dan Papua, agen yang memegang kendali distribusi.

Alvin mengatakan, selain memperkuat sisi distribusi dan layanan, dari segi produk pun juga menjadi prioritas utama. Saat ini Sanyo memiliki rangkaian produk pompa air terlengkap dari tipe terkecil 125 watt hingga pompa sumur dengan 600 watt, terdiri dari pompa air sumur dangkal, pompa air sumur dalam dan pompa Booster atau dorong.

“Sanyo juga selalu mengedepankan kualitas tinggi dalam setiap produknya, membuat konsumen menjadi loyal dan bahkan ikut merekomendasikan. Ini yang membuat perusahaan terus berkembang karena masyarakat menggunakannya dari generasi ke generasi. Memang, menjaga eksistensi selama puluhan tahun tidak mudah, apalagi karakter konsumen terus berubah dan berganti mengikuti perkembangan jaman dan teknologi,” ungkap Avin.

Inovasi Dengan Produk Pompa Booster

Maka, lanjut dia, melihat fenomena ini, pihaknya tidak tinggal diam dan melihat kedekatan dengan konsumen adalah hal yang penting dan salah satu caranya adalah dengan melakukan inovasi produk. Inovasi dilakukan, kata Alvin, untuk bisa keep up dengan kebutuhan pasar atau konsumen. Dia mencontohkan inovasi terbaru yakni produk pompa booster yang dihadirkan setelah melihat kebutuhan konsumen.

“Konsumen saat ini memiliki kecenderungan mayoritas tinggal dihunian bertingkat baik tempat tinggal ataupun ruko. Berdasarkan riset itu, kami berinisiasi untuk menghadirkan pompa air yang dapat membantu kebutuhan masyarakat. Pompa booster Sanyo memiliki kelebihan dalam mendistribusikan air secara stabil. Selain itu juga tidak menimbulkan bunyi berisik dari toren ketika mengalirkan air ke banyak kran sekaligus,” tegas Alvin.

Dirinya menambahkan, kini pompa air sudah dilengkapi dengan teknologi motor yang tidak memakan banyak daya listrik dan ukuran yang lebih compact. Inovasi-inovasi tersebut diatas adalah bukti bagaimana perusahaan ini terus dan sukses beradaptasi dengan jaman. Hal yang sama juga diterapkan di sisi pemasaran yang kini sangat digital.

Pompa air ini mengikuti dan beradaptasi dengan era digital dengan memaksimalkan fungsi media sosial seperti Facebook dan Instagram dalam melakukan promo-promo dan berbagi pengetahuan baik mengenai pompa air itu sendiri maupun informasi-informasi yang bermanfaat lainnya.

“Kami menyadari menjaga eksistensi tidaklah mudah, namun Sanyo telah membuktikan dengan berhasil berada di puncak untuk waktu yang lama. Kejelian dalam melihat kebutuhan pasar menjadi kunci bagi kami untuk tetap relevan dan penting di setiap generasi,” pungkas Alvin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *