AlfaCorp Kolaborasi UBM Housing Jakarta Fasilitasi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

0
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meninjau tempat isolasi Pasien Covid-19 di UBM Housing hasil kolaborasi dengan AlfaCorp, Selasa, 3 Agustus 2021.

PROPERTI :  Masih Tingginya kasus positif Covid-19 di Jakarta serta berbagai daerah di Indonesia menyebabkan penuhnya fasilitas kesehatan dalam penanganan pasien. Di saat yang sama, sistem layanan kesehatan juga harus diperkuat, mulai dari kapasitas rumah sakit, tenaga kesehatan, sampai dengan sistem rujukan sebagai bentuk antisipasi terhadap lonjakan pasien.

AlfaCorp, kelompok perusahaan yang menaungi Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, Lawson, Alfaland Group, Omega Hotel Management (OHM) dan Universitas Bunda Mulia (UBM) mendukung pemerintah dalam mempercepat pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan dengan menyediakan fasilitas isolasi pasien covid-19 yang bertempat di 2 Tower The UBM Housing, Jalan Lodan Raya no. 2, Jakarta Utara.

[irp]

Sebagai bagian dari AlfaCorp, Alfaland Group yang telah lebih dari dua dekade menjadi property developer dan OHM yang selama ini dikenal sebagai hotel operator dari brand Cordela Hotel, turut bersinergi bersama-sama dengan perusahaan-perusahaan yang juga dibawah naungan AlfaCorp dalam mengejar persiapan fasilitas pada kedua tower UBM Housing.

UBM Housing yang semula merupakan dormitory yang diperuntukkan bagi para mahasiswa UBM, kini telah dilakukan berbagai perubahan dalam fasilitasnya agar memenuhi kualifikasi sebagai tempat khusus isolasi pasien covid-19. Seluruh mahasiswa yang selama masa pandemi sudah mengikuti kelas online, dan yang sebelumnya menghuni dormitory juga sudah pindah ke lokasi lain.

[irp]

Fasilitas tempat isolasi yang disiapkan AlfaCorp tersebut diharapkan dapat mengurangi beban pemerintah dalam menyiapkan ketersediaan tempat isolasi, khususnya bagi karyawan AlfaCorp yang bekerja di wilayah Jakarta. Fasilitas ini juga bisa digunakan oleh warga sekitar yang terkonfirmasi Covid-19 dengan tanpa gejala atau gejala ringan.

Solihin, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menjelaskan bahwa fasilitas tersebut digunakan untuk mendukung pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19.

[irp]

“Salah satu hal yang kini menjadi prioritas adalah menambah tempat isolasi bagi pasien Covid-19,” terangnya. Terdapat total 375 kamar di 2 Tower yang digunakan untuk pasien Covid-19 untuk pasien tanpa gejala maupun gejala ringan, dan pada setiap lantai terdapat relawan yang bertugas memonitor pasien.

Dalam kunjungannya ke UBM Housing sebagai fasilitas tempat isolasi pasien Covid-19 pada Selasa, 3 Agustus 2021, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut peran korporasi dalam menyediakan Tempat Isolasi oleh AlfaCorp.

[irp]

“Kami apresiasi inisiatif ini untuk membuka tempat isolasi yang terkendali, ini juga bagian dari penanganan pandemi Covid-19, karena beban pemprov DKI untuk menyediakan tempat isolasi bagi warganya makin berkurang dengan adanya tempat-tempat mandiri yang dibuka oleh badan usaha,” ujar Anies dalam siaran pers yang diterima redaksi (04/08/2021)

Sesuai Keputusan Gubernur DKI Jakarta no. 891 tahun 2021 tentang Penetapan Lokasi Isolasi dan Standar Operasional Prosedur Pengelolaan Lokasi Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 19 huruf A angka 4: bahwa Pemprov DKI Jakarta bersama Satgas Penanganan Covid-19 berencana memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di DKI Jakarta termasuk di dalamnya fasilitas milik swasta untuk dijadikan tempat isolasi bagi orang dengan konfirmasi Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan.  

[irp]

Tempat Isolasi terkendali ini juga memiliki fasilitas yang memadai seperti klinik, kamar dengan sanitasi yang baik, ruang terbuka hijau dan ambulance yang siap 24 jam. Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberikan surat rekomendasi untuk kegiatan penyelenggaraan tempat isolasi terkendali untuk Alfa Corp.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional / Satgas Covid-19 ikut membantu dalam supervisi rutin, penyedia tenaga relawan dan penyedia tenaga kesehatan. Alfa Corp juga telah menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit rujukan sebagai rujukan medis serta penyedia obat-obatan, supervisi dan monitoring operasional.

[irp]

Operator medis telah disediakan baik tenaga medis dokter dan perawat, dan operasional mini klinik untuk tindakan medis awal pemberian obat dan vitamin. 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 182

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link