Property & Bank

Jokowi Akan Groundbreaking 10 Proyek IKN Senilai Rp 12,5 Triliun

IKN
Progres pembangunan rumah Menteri di IKN

Propertynbank.com – Presiden Jokowi direncanakan akan meletakkan batu pertama (groundbreaking) untuk 10 proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara senilai Rp 12,5 triliun pada 1-3 November 2023. Kepala otorita IKN, Bambang Susantono mengatakan groundbreaking ini merupakan tahap kedua yang akan langsung dipimpin oleh Presiden Jokowi. Sebelumnya, Jokowi memimpin peletakan batu pertama untuk proyek konsorsium Owner Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma pada September 2023 lalu.

“Kegiatan ini menunjukkan bahwa bukan hanya pertumbuhan pembangunan yang terjadi di IKN, namun juga bergulirnya pertumbuhan ekonomi dan sebagai bukti minat dan kepercayaan yang tinggi dari investor swasta dan pemerintah di IKN,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (26/10).

Bambang mengatakan proyek yang sudah diresmikan Jokowi meliputi Bandara VVIP IKN, rumah sakit, mal intergasi dengan hotel dan apartemen dan perkantoran pemerintah. Untuk sekolah, terdapat relokasi SD Negeri 020 Sepaku yang hadir dengan konsep baru. Nantinya SD tersebut akan menjadi cerminan untuk sekolah negeri lain di IKN. “Bidang yang bervariasi ini menunjukkan bahwa di IKN sudah ada fasilitas-fasilitas dasar bagi masyarakat yang akan pindah tahun depan (2024),” katanya.

Baca Juga : Tony Blair Institute dan OIKN Akan Bentuk Zona Riset dan Inovasi Khusus Di IKN

Sejauh ini nilai investasi proyek yang sudah di lakukan groundbreaking telah mencapai Rp 23 triliun. Nantinya proyek IKN lainnya akan dijadwalkan groundbreaking pada Desember 2023. Selain fasilitas dasar yang dapat dinikmati oleh masyarakat, rangkaian kegiatan ini juga akan menandakan dibangunnya suaka orangutan dewasa di IKN. Di suaka ini nantinya orangutan yang sudah tidak muda lagi usianya dan sudah tidak bisa dilepas liarkan sehingga akan dirawat. Kegiatan groundbreaking ini merupakan hasil dari proses yang panjang dari jajak pasar tahun lalu.

“Meskipun prosesnya cukup panjang, tapi disinilah kita bisa menunjukkan bahwa mesin pertumbuhan atau pembangunan mulai berputar sebagaimana yang kita inginkan dari awal,” ungkap Bambang.

Sementara itu, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga mengatakan ada dua rumah sakit dan sekolah internasional yang bakal dibangun di IKN. Danis mengatakan, berdasarkan kunjungannya beberapa hari lalu dari IKN, ia melihat sejumlah proyek sedang melakukan persiapan groundbreaking.

Baca Juga : Siapkan Investasi Rp 500 Miliar, Mayapada Group Bangun Rumah Sakit Pertama di IKN

“Yang baru ini subjek konfirmasi, kemarin di lapangan saya lihat dalam persiapan Rumah Sakit Mayapada. Karena lokasinya deket area PSSI seberang-seberangan. Sedang persiapan groundbreaking,” katanya, dalam Konferensi Pers Progres IKN di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2023).

Selain itu, menurut informasi yang dia dapatkan juga akan segera dilakukan groundbreaking untuk RS Hermina dan beberapa hotel lainnya. Kemudian disebut-sebut juga akan ada groundbreaking Jakarta International School (JIS). Namun ia menekankan kembali, hal ini perlu dikonfirmasi kembali kepada Otorita IKN (OIKN). “Kemudian Gedung Bank Indonesia itu investasi pemerintah sih. Saya dengar lagi ada RS Hermina dan beberapa hotel,” pungkasnya. (Nabilla Chika Putri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *