Tuesday , October 20 2020
Home / Breaking News / Kemenpupera Targetkan 450.000 Rumah Pertahun

Kemenpupera Targetkan 450.000 Rumah Pertahun

Rumah sederhana di kawasan Karawang
Rumah sederhana di kawasan Karawang

PROPERTI-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) menargetkan pembangunan rumah sebanyak 450.000 unit pertahun. Dengan target tersebut, pemerintahan baru yang dipimpin Jokowi-JK diharapkan mampu mengatasi dan mengurangi backlog (kekurangan) yang saat ini sudah mencapai 15.000 unit rumah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan, produktivitas akan terus meningkat jika masyarakat dapat tinggal di rumah yang layak huni. Oleh karena itu, ia menekankan, konsep perumahan sama dengan hunian. Artinya, masyarakat tidak harus memiliki unit rumah, tapi setidaknya bisa menempati.

“Hal ini sesuai dengan nawacita kabinet 2015, yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan produktivitas dan daya saing. Dengan bergabungnya Kementerian Perumahan Rakyat dengan Pekerjaan Umum, khusus untuk perumahan program kami dalam 5 tahun adalah menurunkan backlog hingga 2,2 juta unit. Itu artinya tiap tahun harus membangun 440.000,” ujar Basuki saat Rapat Kerja Nasional Real Estate Indonesia (REI) 2014 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (19/11/2014).

Dijelaskannya, dengan menarik subsidi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), maka kemungkinan ada tambahan subsidi Rp 120 triliun. Dari angka tersebut, Rp 40 triliun dikhususkan untuk PU dan Pera. Namun ia tidak menjelaskan, berapa besar anggaran khusus untuk perumahan rakyat saja. Basuki menekankan, dengan digabungnya PU dan Perumahan Rakyat, tidak akan menomorduakan masalah perumahan. “Kalau digabung jadi jelek, berarti salah konsepnya,” kata Basuki.

Sementara itu, Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy mengatakan, para pengembang khususnya yang tergabung di REI, mengharapkan di masa pemerintahan yang baru ini dapat diwujudkan Tabungan Wajib Perumahan yang bisa menyediakan dana-dana murah berjangka panjang bagi pembiayaan peruamahan. Selain itu, Eddy juga meminta agar perijinan lebih dipermudah dan regulasi seputar masalah perumahan yang harus lebih jelas.

Check Also

sport

Usung Konsep Hunian Sehat Berkelanjutan, Sport City Jababeka Diminati Konsumen

PROPERTI – Sejak pandemi Covid-19 melanda, masyarakat sudah menjadikan gaya hidup sehat sebagai perilaku sehari-hari. …

One comment

  1. Kami ingin ikut mensukseskan program pemerintah membangun rumah untuk MBR untuk wilayah sumatera utara.selama ini kami telah membangun 1000 lebih rumah type 36.diwilayah Deli serdang s.utara.sebagai informasi dari kami .kami juga telah menerima bantuan subsidi untuk jalan perumahan dari kemenpera.nama perumahan kami griya permata.tanjung anom.terima kasih kami ucapkan apabila kami diberi kesempatan untuk bergabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link