Property & Bank

Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Kuartal IV-2023 Tetap Kuat, Ini Kata Bank Indonesia

Kegiatan Dunia Usaha
Kawasan kantor di Jakarta

Propertynbank.com – Bank Indonesia (BI) mengatakan, saat ini kinerja kegiatan dunia usaha tetap kuat pada kuartal ke IV tahun 2023. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 13,17 persen.

Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI (Bank Indonesia), Erwin Haryono megungkap bahwa pada kuartal IV tahun 2023 kinerja kegiatan dunia usaha tetap kuat dengan didukung oleh peningkatan kinerja beberapa Lapangan Usaha (LU) dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

“Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha tetap kuat pada kuartal IV-2023. Hal ini tercermin dari nilai SBT sebesar 13,17 persen,” ujar Erwin mengutip dari Viva, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga : Pandemi COVID-19 Merubah Pola Kebiasaan dan Perilaku Dunia Usaha

Erwin mengatakan jika terdapat peningkatan kinerja pada beberapa lapangan usaha termasuk Lapangan Usaha (LU) Perdagangan Besar dan Eceran serta Reparasai Motor dan Mobil, LU Transportasi dan Pergudangan, dan LU Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum.

Peningkatan ini juga mencakup LU Informasi dan Komunikasi, yang berhubungan dengan tetap tingginya permintaan masyarakat selama periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru.

Sejalan dengan kinerja kegiatan dunia usaha, jelasnya, kapasitas produksi terpakai pada kuartal IV-2023 tetap kuat sebesar 73,91 persen. “Penggunaan tenaga kerja juga terindikasi tetap kuat disertai kondisi keuangan dunia usaha yang membaik pada seluruh aspeknya, yaitu aspek likuiditas dan rentabilitas, serta akses pembiayaan yang lebih mudah,” katanya.

Survet Kinerja Kegiatan Dunia Usaha

Sementara itu pada kuartal I tahun 2023, responden memproyeksikan peningkatan kegiatan dunia usaha dengan nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) mencapai 15,38 persen. Pertumbuhan positif diperkirakan terjadi pada seluruh Lapangan Usaha (LU), terutama didorong oleh pertumbuhan yang lebih tinggi pada LU Industri Pengelolahan dan LO Pertambangan dan Penggalian dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Baca Juga : 2045 Indonesia Diprediksi Jadi Negera Ke 4 Ekonomi Terbesar Di Dunia

“Peningkatan tersebut merupakan langkah pelaku usaha untuk memenuhi permintaan domestik, khususnya menjelang periode Ramadhan tahun 2024. Selain itu, LU Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan meningkat sejalan dengan musim panen komoditas tanaman pangan di sejumlah wilayah (sebagian besar Jawa serta sebagian Sumatera dan Sulawesi),” imbuhnya. (Nabilla Chika Putri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini