Thursday , October 29 2020
Home / Indeks Berita / Ramai-ramai Obral Aset Saat Pandemi, Waktu Yang Tepat Untuk Beli Properti

Ramai-ramai Obral Aset Saat Pandemi, Waktu Yang Tepat Untuk Beli Properti

Peminat Lelang Tinggi, Bank BTN Luncurkan KPR lelang
Prosesi peluncuran KPR Lelang

PROPERTI – Bagi yang ingin beli rumah saat ini, KPR lelang jadi alternatif pilihan mendapat rumah dengan harga miring. Perbankan kerap melakukan lelang terhadap sitaan agunan KPR macet. Harga rumah lelang bekas KPR rata-rata sekitar 80%-90% dari harga pasar.

Bahkan ada yang lebih murah dari itu. Jadi silahkan di cek daftar lelang KPR di sejumlah bank, mana tahu jodoh rumah itu anda temukan di situ. Bank Mandiri misalnya, punya 427 unit rumah yang kini sedang dilelang.

BACA JUGA :   Bidik Pasar Mahasiswa IPB, Greenwoods Bangun JP Apartment

Total nilai agunannya mencapai Rp 523 miliar per September 2020. Jumlah tersebut meningkat sekitar 15%-17% dari periode yang sama tahun lalu. Bahkan, harga rumah yang ditawarkan Bank Mandiri lewat lelang KPR rata-rata 80%-90%.

EVP Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo menyebut, jika harga bisa lebih miring hingga 70%. “Beli rumah lewat lelang KPR ini juga bisa menggunakan KPR lagi, uang mukanya sekitar 20%-30%,” katanya pada Rabu (16/09/2020).

BACA JUGA :   Genjot Penyaluran KPR Skema BP2BT, Bank BTN Gelar Akad Massal

Satyo, sapaannya mengatakan, KPR lelang ini bisa menjadi tambahan pilihan, terutama bagi nasabah payroll Bank Mandiri untuk mencari hunian impian saat ini selain rumah baru. Lelang KPR Bank Mandiri yang terjual tahun ini sebetulnya melambat.

Padahal, bank ini sudah menggandeng 100 broker untuk mendorong proyek lelang. Broker sengaja digandeng karena memiliki sarana database nasabah yang kuat dan jaringan investor.

Alasan melambatnya lelang ini, menurut Satyo karena harga rumah seken amat murah dan pengembang gencar menebar promo saat ini untuk rumah-rumah ready stock demi memacu penjualan, akibat daya beli masyarakat yang menurun.

BACA JUGA :   Hunian Vertikal Bernilai Investasi Tinggi di Ciputat

Sampai akhir tahun, Bank Mandiri masih menargetkan 40%-50% atau sekitar Rp 40 miliar per bulan dari rumah yang dilelang bisa terjual. Untuk info mengenai lelang ini sudah ada di website perseroan.

Bank BTN sebagai spesialis KPR memiliki fasilitas jumlah lelang KPR lebih besar lagi. Bank ini menawarkan 59.518 unit hunian untuk dilelang dengan nilai Rp 4,43 triliun, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Di luar KPR, BTN juga melelang aset komersial dan aset syariah, sehingga total aset properti yang ditawarkan bank ini melalui lelang mencapai Rp 9,97 triliun.

BACA JUGA :   Terjual 90%, Citra Xperience @ Citra Towers Kemayoran Resmi Dibuka

Tahun ini, BTN menargetkan bisa melakukan pemulihan dari aset bermasalah atau penjualan agunan dari kredit macet sebesar Rp 3 triliun tahun ini. Itu bukan hanya dari KPR saja.

Menurut Pahala Mansury, Direktur Utama BTN, kegiatan penjualan aset yang dilakukan BTN lebih menarik karena nilai agunannya dari kredit yang disalurkan BTN lebih tinggi.

“Nilai agunan 170% dari pembiayaan yang disalurkan, itu jadi keunikan dan kekuatan yang dimiliki BTN. Ini termasuk nilai agunannya yang tinggi,” katanya saat melakukan investor gathering untuk penjualan aset properti beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :   Animo Tinggi, IFRA Virtual Expo 2020 Diperpanjang Hingga 30 September

Bank CIMB Niaga juga terus melakukan lelang untuk agunan KPR yang macet. Namun, jumlahnya cukup stabil karena NPL KPR bank ini, juga juga terjaga sekitar 2,1% per Agutus 2020. Namun, lelang yang terjual melambat, karena pasar properti lagi lesu.

Hal ini disampaikan Heintje Mogi, Mortgage Business and Indirect Auto Group Head CIMB Niaga. Dan rata-rata ticket size KPR bank ini ada di segmen menengah yakni sekitar Rp 800 juta. Heintje tak menyebut total nilai KPR yang dilelang CIMB saat ini.

Bank BCA pun tetap melakukan lelang KPR sesuai prosedur yang berlaku. Jumlah pemulihan atas KPR macet meningkat pada paruh pertama tahun ini dibanding periode yang sama tahun lalu. Namun, BCA tak menargetkan secara spesifik nilai agunan KPR yang dilelang.

BACA JUGA :   Demand Tinggi, Paramount Land Luncurkan Ruko Komersial

Karena perseroan saat ini fokus melakukan restrukturisasi kredit bagi nasabah terdampak Covid-19. “Kami menyelesaikan masalah dengan kesepakatan tanpa melalui lelang,” kata Raymon Yonarto, Sekretaris Perusahaan BCA. (Artha Tidar)

Check Also

IKEA

Dalam Satu Tahun, IKEA Food Mampu Kurangi 31% Limbah Makanan

SEKITAR KITA – Permasalahan sampah makanan sudah menjadi isu global yang patut diperhatikan dalam beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telah Terbit

MAJALAH
PROPERTY&BANK
EDISI 174

Klik Disini
Dapatkan Versi Digital Majalah Property&Bank Di Playstore Dan IOS.
close-link